Fenomena Promosi Brand Melalui Aplikasi Video Pendek

59
ADVERTISEMENT

Kesuksesan suatu produk tidak terlepas dari kegiatan promosi yang dijalankan. Dengan perkembangan teknologi, kini brand dapat melakukan promosi secara online dengan pilihan yang kian beragam dan inovatif, termasuk dalam format video.

Hal ini berbanding lurus dengan hasil survei The Mondo Creative & Digital Trends yang dilakukan oleh agensi rekrutmen Mondo terhadap lebih dari 1.000 pelaku industri kreatif dan digital marketing.

ADVERTISEMENT

Survei tersebut menyatakan sebanyak 76% responden menjadikan video marketing sebagai prioritas utama di 2020. Salah satu di antaranya yang saat ini sedang naik daun adalah promosi melalui platform pembuatan video pendek.

Semakin populer di kalangan masyarakat, berbagai brand mulai melihat potensi platform pembuatan video pendek sebagai cara baru untuk mempromosikan produknya. Berbeda dengan promosi yang biasa dilakukan seperti periklanan (advertising) atau pun publisitas (publicity), pendekatan yang dilakukan pada platform pembuatan video pendek terbilang unik dibanding platform lainnya. Fokus utamanya adalah mengadaptasi cara pengguna berinteraksi dan bersenang-senang dengan pengguna lainnya di platform tersebut.

ADVERTISEMENT

Belum lama ini, brand smartphone untuk generasi muda, Infinix menjadi salah satu brand yang mempromosikan produknya di Likee, platform global terkemuka berbasis di Singapura untuk menyaksikan dan membuat video pendek. Meluncurkan produk baru yaitu Infinix Note 8, sebuah produk hasil kolaborasi antara Infinix dan Mobile Legend Bang Bang (MLBB), Infinix bekerja sama dengan Likee untuk memperkenalkan Infinix Note 8 ke khalayak yang lebih luas.

Sebagai brand yang mengoptimalkan popularitas Likee, Infinix melihat bahwa platform pembuatan video pendek merevolusi cara brand melakukan promosi dan menghasilkan keterlibatan (engagement) dengan masyarakat. Hal tersebut terlihat dari bagaimana Likee menawarkan interface yang praktis, dan memungkinkan brand untuk berbagi informasi seputar produk melalui aktivitas menyenangkan bagi para pengguna. Praktik tersebut akhirnya menimbulkan kedekatan atau rasa memiliki (sense of belonging) pengguna terhadap produk terkait.

ADVERTISEMENT

“Setelah bekerja sama untuk menghadirkan #VaporlineDance pada bulan Mei lalu, kami sangat senang dapat kembali bekerja sama dengan Likee yang membantu kami untuk memperkenalkan produk kami dengan cara yang baru. Berbeda dari yang sebelumnya, kolaborasi kali ini fokus pada keunggulan utama yang kami hadirkan melalui Infinix Note 8, yaitu mendukung para gamers agar #AntiKalah. Kami berharap masyarakat khususnya pecinta game dapat bersenang-senang di Likee dan mengasah kemampuan bermain game terbaik mereka dengan Infinix Note 8,” kata Country Manager of Infinix Indonesia, Ryan Zhang.

(rls)

ADVERTISEMENT