Festival Beppa To Riolo, Permaisuri Kedatuan Luwu : Lebih Enak dari Kue Modern

59
Festival Beppa to Riolo. (Foto : Michael Gani)
ADVERTISEMENT

PALOPO — Aneka kuliner tradisional disajikan dalam Festival Beppa to Riolo yang diselenggarakan Komunitas Roemah Simpoel di Taman Baca Palopo, Minggu (22/01/2023)

Puluhan jenis Kue dan kuliner Tempo Doeloe menghiasi festival tersebut. Kue itu diantaranya kolak pisang, apang, putu pesse, taripang, burongko pisang, bolu peca, nagasari, putu mayang, putu cangkir, besse, onde-onde, bingka, cakko-cakko dan aneka makanan tradisional lainnya turut dihadirkan dalam acara ini.

ADVERTISEMENT

Permaisuri Datu Luwu ke-40, Lina Widyastuti Wahyuningsih yang turut hadir dalam kegiatan ini, mengaku sangat menyukai kue tradisional itu. “Saya sangat suka Bolu Peca dan Burongko, saat kuliah di Yogyakarta, Datu sering mengirimi saya Bolu Peca. Kue-kue tradisional itu lebih enak dari Kue Modern,” ungkapnya.

Kegiatan ini dihadiri ratusan Masyarakat Palopo dari lintas generasi. Baik tua maupun muda turut hadir mencicipi sekaligus bernostalgia dengan aneka kuliner tempo doeloe yang hampir jarang ditemui saat ini.

ADVERTISEMENT

Ketua Panitia, Ahmad Amin menjelaskan kegiatan ini masih dalam rangkaian memeriahkan Hari Jadi Luwu dan Hari Perlawanan Rakyat Luwu.

Selain itu, juga bertujuan untuk menjaga dan melestarikan Kuliner Tradisional Tempoe Doeloe, pihaknya juga membuka kegiatan untuk masyarakat umum agar dapat mencicipi langsung jajanan tradisional dan tak dipungut biaya alias gratis.

ADVERTISEMENT

Festival Beppa To Riolo ini juga dimeriahkan berbagai Tarian-tarian dari sanggar tari Unismuh dan IAIN dan sanggar tari dari Luwu timur yang jauh-jauh untuk menyemarakkan Hari Jadi Luwu dan Hari Perjuangan Rakyat Luwu tahun ini.

Hadir juga Wakil Walikota Palopo, Rahmat Masri Bandaso dan Kepala Kejaksaan Negeri Palopo, Agus Riyanto. Kegiatan ditutup dengan acara dero bersama yang sangat meriah. (mic)

ADVERTISEMENT