Finalis UNPSA Awards dari Lutra Ikut Pameran Inovasi di Makassar

120

LUTRA – Dua inovasi Luwu Utara yang baru-baru ini ikut kompetisi inovasi tingkat dunia (UNPSA Awards), dipamerkan dalam Pekan Inovasi Tingkat Sulsel, Kamis (1/8/2019). Bertempat di Gedung Olahraga (GOR) Universitas Hasanuddin (Unhas) Makassar inovasi tersebut adalah ANC Hipnoterapi dan Distribusi Guru Proporsional (DGP).

Selain dua inovasi itu, Pemda Lutra juga memamerkan inovasi unggulan lainnya, seperti Mata Pintar Menjawab. “Kita hadir di sini tentu dengan harapan ada yang bisa kita petik dari pelaksanaan Pekan Inovasi Daerah Tingkat Provinsi ini,” kata Kepala Balitbangda Lutra melalui Kabid Inovasi Awaluddin A. Paso, saat ditemui di sela-sela kegiatan.

Awal menyebutkan, produk unggulan lainnya ikut dipamerkan, seperti kapurung instan dan kapurung kaleng. Di sektor perkebunan, kata dia, Lutra memamerkan MCC 02 dan MCC 01. Pun di sektor pertanian, di mana ada 8 varieatas padi unggul lokal seperti tarone, tedeboe, bandarata, remaja, jamburona, paresale, banjara dan dambo, juga ikut dipamerkan.

“Salah satu produk unggulan kita adalah di sektor pertanian, di mana kita punya delapan varieatas padi unggul lokal. Salah satu yang paling dikenal adalah beras tarone dari Kecamatan Seko. Beras ini termasuk beras organik yang dikembangkan secara tradisional dan turun temurun oleh masyarakat setempat,” ujar Awaluddin A. Paso.

Kegiatan itu resmi dibuka oleh Kepala Balitbangda Sulsel, Iqbal Suhaeb. Dalam sambutannya Iqbal mengatakan setiap kabupaten/kota memiliki keunggulan masing-masing yang bisa dibanggakan karena telah mendapatkan apresiasi, baik di tingkat provinsi, nasional maupun internasional.

“Melalui pekan inovasi daerah ini, kita akan melihat beberapa inovasi yang baru dari seluruh daerah,” kata Iqbal.

Melalui pekan inovasi ini juga, lanjut Iqbal, dapat memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat. “Semoga kegiatan ini bisa rutin kita laksanakan setiap tahunnya,” harap Iqbal Suhaeb yang juga Pj. Wali Kota Makassar saat ini.

Pekan Inovasi Daerah ini dimaksudkan untuk memperingati Hari Jadi ke-74 Kemerdekaan Republik Indonesia, serta Hari Kebangkitan Teknologi Nasional (Harteknas) ke-24. Selain itu, untuk mempromosikan produk unggulan di daerah, provinsi maupun tingkat perguruan tinggi. Hadir mewakili Bupati Lutra, Asisten Administrasi dan Umum, Eka Rusli. (lh/liq)