Firmanza Dampingi Walikota Palopo Hadiri Musrenbang Nasional

429
Walikota Palopo, HM Judas Amir didampingi Kepala Bappeda, Firmanza menghadiri musrenbangnas di Jakarta.
ADVERTISEMENT

JAKARTA — Kepala Bappeda Palopo, Firmanza menghadiri Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) Nasional tahun 2019 dan Rencana Kerja Pemerintah (RKP) tahun 2020 di Hotel Shangrila Jakarta, Kamis (9/5/2019).

Siapa Kandidat Pasangan Calon Bupati/Wakil Bupati Luwu Timur 2020-2025 Pilihan Anda ?
1. Irwan Bachry Syam-Andi Muhammad Rio Pattiwiri Hatta (Ibas-Andi Rio)
2. HM Thoriq Husler-Budiman Hakim (MTH Berbudi)
Dibuat Oleh Seruya Poll

Musrenbangnas 2019 dan RKP 2020 kali ini mengangkat tema “Peningkatan Sumber Daya Manusia untuk Pertumbuhan Berkualitas” yang dibuka oleh Presiden RI, Joko Widodo sekaligus meluncurkan Visi Indonesia 2045. Hadir juga Wapres, Jusuf Kalla.

Dalam kesempatan itu, Jokowi mengatakan Indonesia memiliki peluang besar menjadi negara dengan ekonomi terkuat nomor lima di dunia. Bahkan, kata dia, ekonomi Indonesia bisa menjadi nomor empat di 2045.

“Untuk masuk ke sana tidak mudah. Banyak tantangan yang harus diselesaikan, dihadapi. Jangan dipikir kita biasa-biasa tahu-tahu masuk ke-4 besar, ke-5 besar ekonomi terkuat,” kata Jokowi.

ADVERTISEMENT

Jokowi mengingatkan agar Indonesia tak seperti kebanyakan negara lainnya yang terjebak dalam middle income trap. Pasalnya, perangkap pendapatan menengah tersebut tidak akan bisa menyelesaikan negara lantaran tidak bisa menjadi negara maju.

“Kita harus bisa menyelesaikan persoalan yang ada menuju 2045 atau 100 tahun Indonesia merdeka,” ucapnya.

ADVERTISEMENT
Siapa Kandidat Pasangan Calon Bupati/Wakil Bupati Luwu Utara 2020-2025 Pilihan Anda ?
1. Arsyad Kasmar-Andi Sukma (AKAS)
2. Indah Putri Indriani-Suaib Mansur (IDAMAN)
3. Thahar Rum-Rahmat Laguni (MATAHARI)
Created with Seruya Poll

Jokowi memaparkan, persoalan yang mendasar dan harus segera diselesaikan bangsa Indonesia adalah pemerataan pembangunan infrastruktur. Menurut dia, tanpa pembangunan tersebut jangan berharap ekonomi Indonesia bisa menjadi kuat.

“Saya minta gubernur, wali kota, baik jalan tol, pelabuhan, airport, segera provinsi, kabupaten, dan kota menyambungkan dengan titik-titik di tempat masing-masing,” ucapnya.

Jokowi meminta pemda menyambungkan pembangunan infrastruktur di daerahnya ke kawasan industri, pariwisata, hingga ke kawasan industri kecil yang dikelola masyarakat setempat. “Baik pusat produksi pertanian atau perkebunan.

Tugas kita membuat gede, yang tengah dan kecil tugas daerah. Kalau tidak bisa dikerjakan jangan pernah mimpi masuk kelima atau ke-4 ekonomi terbesar,” katanya.

Walikota Palopo, HM Judas Amir mengaku apa yang disampaikan presiden akan menjadi bahan pertimbangan pihaknya dalam membangun kota Palopo ke depan. Beberapa yang disampaikan Jokowi kata HM Judas Amir sudah dilakukan. “Khususnya untuk infrastuktur, itu kita sudah lakukan dan kita fokus ke pengembangan SDM,” katanya. (asm)

ADVERTISEMENT