FOTO: Musrenbang Anak Tahun 2022, Sekda Sampaikan Harapan Walikota Palopo

101
ADVERTISEMENT
PALOPO–Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) kota Palopo kembali menggelar Musrenbang Anak Kota Palopo Tahun 2022, Senin 22 Maret 2021, di Lapangan Tennis Indoor Saokotae, Wara.
Musrenbang adalah akronim dari Musyawarah Perencanaan dan Pembangunan, yang setiap tahun secara rutin atau berkala dilakukan, di seluruh Indonesia termasuk kota Palopo.
Tema Musrenbang Anak tahun ini adalah: “Anak Unggul Palopo Maju”.
Kepala Bappeda Kota Palopo Hj. Raodatul Jannah, S.Sos
Dalam laporannya, Kepala Bappeda Kota Palopo Hj. Raodatul Jannah, S.Sos mengatakan, tujuan kegiatan tersebut guna memecahkan permasalahan yang terjadi pada anak khususnya di kota Palopo.
Pada Musrenbang anak ini, membahas dan menetapkan prioritas kegiatan pembangunan bagi anak-anak kota Palopo yang belum tercakup dalam prioritas kegiatan pembangunan di Perangkat Daerah,” ungkap Raodah.

Lanjutnya, Musrenbang kali ini juga akan mengoptimalkan partisipasi anak dalam pembangunan di Palopo. Termasuk merumuskan usulan dari anak yang akan disampaikan dalam pelaksanaan Musrenbang tingkat Kota Palopo.

“Peserta Musrenbang anak pada hari ini berjumlah 23 orang yang terdiri dari berbagai unsur mewakili anak-anak kota Palopo yang terdiri dari perwakilan anggota Forum Anak Kota Palopo dari 9 kecamatan, komunitas anak serta perwakilan sekolah,” terangnya.
Ditambahkan Raodah, nantinya Peserta akan didampingi 3 fasilitator berasal dari Bappeda dan Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kota Palopo.
“Dari pelaksanaan Musrenbang anak ini, akan dihasilkan berita acara Musrenbang anak berisi daftar usulan program/kegiatan yang merespon kebutuhan dan harapan anak-anak di Kota Palopo,” kata dia.

Sambutan Walikota Palopo yang dibacakan Sekretaris Daerah Kota Palopo Drs Firmanza DP, SH.,M.Si yang menyampaikan bahwa sekitar 34 persen warga kota Palopo adalah penduduk berusia anak-anak, untuk itu kelompok besar penduduk ini harus mendapat perhatian kita semua.
Melalui Musrenbang ini berharap anak-anak memberikan input kepada Pemerintah Kota Palopo silahkan aspirasikan harapan kalian di Musrenbang ini kita pun menyadari bahwa semua warga harus turut serta dalam pembangunan.

Adapun poin yang ingin disampaikan yakni kepada seluruh OPD lingkup Pemkot dan lebih khusus kepada Bappeda mengimbau agar rekomendasi Musrenbang anak pada hari ini agar diakomodir dalam program dan kegiatan OPD masing-masing.

Acara dilanjutkan pemberian materi kepada peserta Musrenbang Anak seputar pandemi Covid-19 oleh Kabid Kesling Dinkes Palopo dan materi lainnya.
Turut hadir pula, Suriani Suli SH selaku Kadis Pemberdayaan Perempuan dan Anak kota Palopo, serta Kepala Bidang Ekonomi,Sosial dan Pemerintahan Umum Bappeda kota Palopo Drs Bambang Sirasaputra, dan lainnya.
(*)

ADVERTISEMENT