Foto Pasutri Terduga Pelaku Bom Bunuh Diri yang Viral di Media Sosial Editan? Ini Penjelasan Kepolisian

704
Dua foto berbeda diduga terduga pelaku bom bunuh diri di Gereja Katedral Makassar yang berboncengan sepeda motor, yang viral di media sosial, ditengarai foto editan alias hoaks.
ADVERTISEMENT

MAKASSAR–Foto pasangan suami istri terduga pelaku bom bunuh diri di Gereja Katedral Makassar yang berboncengan sepeda motor, yang viral di media sosial, ditengarai foto editan alias hoaks.

Foto yang beredar tersebut diduga pelaku, yakni Lukman dan Istrinya, YSR, mengendarai motor matik orange bernomor polisi DD 5984 MD, sejak insiden bom bunuh diri terjadi, ramai menyebar di media sosial.

ADVERTISEMENT

Benarkah foto tersebut editan? Ternyata, Kabid Humas Polda Sulsel, Kombes Pol E Zulpan juga belum dapat memastikan foto itu adalah Lukman dan istrinya YSR.

“Klarifikasi dari saya, itu bukan kita yang memposting. Tidak dari aparat kepolisian, itu kan beredar di media sosial,” kata Zulpan ditemui di Mapolda Sulsel Jl Perintis Kemerdekaan, Makassar, Senin (29/3/2021) sore lalu.

ADVERTISEMENT

Zulpan hanya mengakui, jika foto tersebut memiliki kemiripan dengan pelaku Lukman. “Kalau mirip dengan pelaku iya. Tapi kan saya tidak bisa pastikan karena kan kita perlu cek DNA-nya, sidik jari dan lain-lain,” ujarnya.

Senada itu, Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo, memastikan kedua pelaku bom bunuh diri di Gereja Katedral Makassar adalah pasangan suami istri.

“Pelaku berinisal L dan perempuan inisal YSR. Keduanya pasutri (pasangan suami istri) dan terndentifikasi dan sidik jarinya,” ujarnya.

Keduanya, lanjut Listyo, dinikahkan sekitar enam bulan lalu oleh Risaldi, tersangka teroris yang tewas saat hendak ditangkap di Villa Mutiara, Kecamatan Biringkanayya, Makassar, Januari lalu.

“Keduanya beberpa bulan lalu, enam bulan lalu, dinikahkan oleh Risaldi yang sudah ditangkap pada januari yang juga klompok JAD dan pernah terlibat operasi di Jolo Filipina Tahun 2012,” bebernya. (***)

ADVERTISEMENT