Gagal di Palopo, Peserta Tes SKD CPNS Ini Raih Nilai Tertinggi di Luwu Utara

1479
ADVERTISEMENT

LUTRA — Tak banyak orang sukses dalam hidupnya karena belajar dari kegagalan pada kesempatan pertama atau pengalaman pertama. Boleh dikata, pengalaman atau kegagalan adalah modal penting untuk sukses pada kesempatan lain. Dan ini pula yang dialami Liphun Asmara (26), peserta tes SKD CPNS Kabupaten Luwu Utara.

Tampil di sesi ke-26 atau sesi kedua di hari ketujuh, Liphun sepertinya sudah banyak belajar dari kegagalan sebelumnya saat ia mengikuti tes CPNS 2019 di Palopo. “Ini adalah keikutsertaan yang kedua. Jadi, sudah ada sedikit banyak pengalaman dari keikutsertaan sebelumnya,” kata Liphun, saat ditemui usai tes, Sabtu (2/10/2021), di Aula La Galigo.

Ia mengaku bersyukur bisa mendapatkan nilai tertinggi di sesi ke-26. Mengingat begitu kompetitif persaingan antarpeserta CPNS tahun ini. Liphun berhasil mengumpulkan nilai 426. Nilai ini akumulasi dari nilai TWK 110, TIU 140 dan TKP 176. “Bisa mendapat nilai maksimal tentunya sangat disyukuri karena sengitnya persaingan yang ada,” imbuhnya.

Diakuinya, persiapan yang ia lakukan tak begitu banyak, karena pengalaman mengikuti tes CPNS dengan sistem CAT sebelumnya sudah pernah ia lalui. “Untuk persiapan, tentunya saya maksimalkan. Pengalaman kemarin saat ikut tes di Palopo, rupanya sangat membantu juga,” terang staf di Sub Bagian Komunikasi Pimpinan Bagian Protokol ini.

ADVERTISEMENT

Pria kelahiran Masamba 25 Agustus 1995 ini tak lupa berbagi tips sukses. Ia mengatakan, untuk sukses ujian CPNS, satu hal yang harus dilakukan, memperbanyak latihan mengerjakan soal-soal SKD. “Tidak sulit mencari materinya melalui daring dan bagaimana menyelesaikan soal dengan cepat, karena hanya diberikan 100 menit untuk mengerjakan 110 soal,” beber Liphun.

Tak kalah pentingnya, berdoa dan meminta dukungan orang tua. “Usaha kita harus dibarengi dengan doa. Insya Allah, akan mendatangkan hasil terbaik,” pungkas anak pertama pasangan Sukur Asmara dan Jumriati ini. Untuk diketahui, Liphun mengambil lokasi formasi di Dinas Kominfo, dengan formasi jabatan sebagai pengelola situs Dinas Kominfo. (hms)

ADVERTISEMENT