Gagal SNBT? Daftar Kuliah di UNCP Tanpa Tes dengan Skor UTBK!

50
ADVERTISEMENT

PALOPO — Kegagalan dalam Seleksi Nasional Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNBT) bukanlah akhir dari segalanya. Justru, kegagalan tersebut dapat menjadi titik awal untuk meraih kesempatan baru. Bagi calon mahasiswa baru yang belum berhasil melewati SNBT, ada alternatif lain yang dapat diambil yaitu menggunakan sertifikat skor UTBK (Ujian Tulis Berbasis Komputer).

Sertifikat skor UTBK adalah hasil dari ujian tulis yang diikuti oleh calon mahasiswa. Ujian ini mengukur kemampuan akademik dan potensi calon mahasiswa dalam berbagai bidang, termasuk Matematika, Bahasa Indonesia, dan IPA (Ilmu Pengetahuan Alam).

ADVERTISEMENT

Universitas Cokroaminoto Palopo (UNCP) memberikan kesempatan emas untuk melanjutkan pendidikan tinggi tanpa perlu mengikuti seleksi tes. Melalui kebijakan ini, UNCP menerima pendaftaran mahasiswa baru tanpa tes melalui jalur seleksi SPMB-UTBK dengan memanfaatkan sertifikat skor Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK).

Universitas Cokroaminoto Palopo memahami betapa pentingnya memberikan akses pendidikan yang lebih luas dan merata bagi semua calon mahasiswa. Oleh karena itu, kebijakan ini diharapkan dapat menjadi solusi bagi mereka yang telah berjuang dalam SNBT tetapi belum berhasil. Dengan menggunakan sertifikat skor UTBK yang telah diperoleh, calon mahasiswa baru kini bisa langsung mendaftar ke program studi yang diminati di Universitas Cokroaminoto Palopo (UNCP).

ADVERTISEMENT

Kepala Unit Penerimaan Mahawasiswa Baru UNCP, Sunardin, S.Pd., M.Pd mengungkapkan, langkah ini diambil sebagai bentuk komitmen UNCP untuk memberikan kesempatan kedua bagi calon mahasiswa baru yang memiliki potensi akademik namun terhalang oleh persaingan ketat di SNBT.

“Kami ingin memberikan kesempatan seluas-luasnya kepada para calon mahasiswa baru untuk mengembangkan potensi mereka. Melalui penerimaan dengan sertifikat skor UTBK ini, kami berharap lebih banyak anak bangsa yang dapat melanjutkan pendidikan tinggi dan meraih mimpi mereka,” ujar Sunardin, Selasa (25/6/2024).

ADVERTISEMENT

Untuk mendaftar, calon mahasiswa dapat mengikuti langkah-langkah berikut yaitu langkah pertama mengakses laman pendaftaran resmi Universitas Cokroaminoto Palopo di www.pmb.uncp.ac.id. Selanjutnya mengisi formulir pendaftaran dengan lengkap dan benar. Kemudian mengunggah sertifikat skor UTBK dan dokumen pendukung lainnya yang diminta. Setelah mengunggah sertifikat skor UTBK, calon mahasiswa menunggu konfirmasi dari pihak universitas mengenai status pendaftaran.

Pendaftaran dibuka hingga Agustus 2024. Oleh karena itu, calon mahasiswa baru diharapkan segera memanfaatkan kesempatan ini untuk bergabung di Universitas Cokroaminoto Palopo.

“Jangan ragu untuk mendaftar di UNCP. Kami siap membantu untuk meraih masa depan yang lebih baik dengan pendidikan yang berkualitas. Mari bergabung dan menjadi bagian dari Universitas COkroaminoto Palopo,” tutup Sunardin.

Dengan adanya kesempatan ini, Universitas Cokroaminoto Palopo berharap dapat menjadi tempat bagi calon-calon intelektual muda yang siap berkarya dan berkontribusi bagi kemajuan bangsa. (***)

ADVERTISEMENT