Gaji 13 ASN Palopo Dibayar Akhir Juni

201
ADVERTISEMENT

PALOPO — Pemerintah Kota (Pemkot) Palopo melalui Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kota Palopo baru akan membayar gaji 13 ASN Kota Palopo pada akhir bulan Juni mendatang. Tidak bersamaan dengan Tunjangan Hari Raya.

Siapa Kandidat Pasangan Calon Bupati/Wakil Bupati Luwu Timur 2020-2025 Pilihan Anda ?
1. Irwan Bachry Syam-Andi Muhammad Rio Pattiwiri Hatta (Ibas-Andi Rio)
2. HM Thoriq Husler-Budiman Hakim (MTH Berbudi)
Dibuat Oleh Seruya Poll

Hal itu dibenarkan Kabid Anggaran BPKAD Palopo, Raodahtul Jannah. “Bulan ini, kita hanya bisa bayarkan THR. Gaji 13 baru bisa dibayarkan akhir Juni nanti, dana yang disiapkan sekitar Rp21 miliar. Sementara gaji pokok bulan Juni nanti tanggal 12 Juni,” kata Raodahtul Jannah, kemarin.

Sementara untuk THR ASN dan anggota DPRD Kota Palopo sudah mulai di transfer ke rekening ASN Kamis (23/5/2019 kemarin. Pembayaran THR langsung dilakukan setelah walikota menandatangani perwal pencairannya siang kemarin. THR untuk ribuan ASN Palopo sekitar Rp19 miliar.

Sekadar diketahui, THR dicairkan sebelum lebaran. Besarannya adalah setara gaji pokok ASN pada bulan sebelumnya. THR untuk ASN sendiri memang baru ada sejak tahun 2016 lalu. Pemberian THR untuk ASN ini sebagai pengganti dari tidak adanya kenaikan gaji PNS tahun ini.

ADVERTISEMENT

Sedangkan untuk gaji ke-13, nilainya bisa jauh lebih besar. Selain gaji pokok, dalam gaji ke-13 PNS juga mendapatkan tunjangan keluarga dan tunjangan umum/tunjangan jabatan dan tunjangan kinerja. Dengan demikian maka jumlah gaji ke-13 bisa bakal lebih tinggi. Hal ini tidak terlepas dari fungsi diberikannya gaji ke -13, yaitu membantu ASN untuk bisa mencukupi kebutuhan di tahun ajaran baru anak sekolah. (asm)

ADVERTISEMENT