Gaji Rp 23 Juta Sebulan Menanti Jika Terpilih Menjadi Anggota DPRD Palopo

2219
ilustrasi
ilustrasi
ADVERTISEMENT

PALOPO — Mendaftar sebagai calon legislatif ( caleg) merupakan salah satu lowongan pekerjaan baru untuk saat ini. Mulai dari politisi, mantan birokrat, pengusaha hingga anak muda ramai- ramai maccaleg.

Lantas apa yang menjadi daya tarik sehingga seseorang ikut nyaleg? Selain prestise di tengah masyarakat, ternyata salah satu faktonya adalah pendapatan atau gaji.

ADVERTISEMENT

Khusus untuk kota Palopo, jika lolos terpilih menjadi satu diantara 25 anggota DPRD maka gaji sebesar Rp 23 juta menanti setiap bulan. Itu sudah termasuk gaji pokok dan sejumlah tunjangan bagi anggota dewan yang terhormat.

Sebelumnya, gaji legislator hanya pada kisaran belasan juta rupiah. Dengan terbitnya Peraturan Walikota Palopo dengan merujuk pada PP nomor 18 tahun 2017 tentang Hak Keuangan dan Administratif Pimpinan dan Anggota dewan gajinya naik menjadi dua kali lipat.

ADVERTISEMENT

Belum termasuk biaya perjalanan dinas yang jumlahnya juga tak sedikit. Itu baru di kota Palopo. Di Kabupaten lain seperti Luwu, Luwu Utara dan Luwu Timur, gaji anggota DPRD lebih besar lagi karena disesuaikan dengan kemampuan daerah. Jadi, tertarikkah Anda menjadi caleg???. ( adn)

ADVERTISEMENT