Gandeng Dinas Koperasi dan UMKM, Pemerintah Kecamatan Wara Barat Beri Pelatihan untuk Pelaku Usaha

16
ADVERTISEMENT

PALOPO – Dinas Koperasi dan UMKM kota Palopo bekerja sama dengan Pemerintah Kecamatan Wara Barat menggelar pelatihan kewirausahaan bagi pelaku usaha ekonomi di kawasan objek wisata batu papan kelurahan padang lambe kecamatan wara barat pada sabtu 29 juni 2024.

Dalam rangka peningkatan usaha, para pelaku UMKM diarahkan untuk mendaftarkan usaha nya demi mendapatkan Nomor Induk Berusaha atau NIB sehingga jika sudah terdaftar Usaha akan berkembang maksimal dan jika ada bantuan dari pihak terkait bisa terdata.

ADVERTISEMENT

Kepala Dinas Koperasi dan UMKM, Supiati mengatakan para UMKM memiliki banyak kendala dalam pengembangan usaha namun pihaknya akan terus berupaya tentunya dengan kerja sama dengan pemerintah setempat untuk menemukan solusi.

ia menambahkan dalam waktu dekat, pihaknya akan melakukan pelatihan karena kelurahan Padang Lambe sendiri merupakan daerah penghasil durian sehingga pelatihan nantinya akan menggunakan durian dan buah lainnya yang ada di wilayah ini untuk diolah menjadi sebuah produk.

ADVERTISEMENT

Lebih lanjut ia berpesan kepada pelaku usaha untuk wajib memiliki NIB, PIRT dan legalisasi halal.

Sementara itu, Camat Wara Barat, Beni Sumbung mengatakan sebagian besar pelaku usaha di wilayahnya itu terkendala permodalan yang kurang sehingga diharapkan adanya bantuan dari lembaga keuangan atau instansi terkait.

Beni juga berharap setelah kegiatan ini para pelaku usaha dapat mengubah pola pikir sehingga usaha yang dijalankan bisa berkembang. (Nad)

ADVERTISEMENT