Gandeng LAN RI, Pemkot Palopo Gelar Bimtek Penyesuaian Penyusunan Dokumen Analisis Jabatan dan Beban Kerja

120
ADVERTISEMENT

PALOPO–Pemerintah Kota Palopo melalui Bagian Organisasi Setda Kota Palopo menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) Penyesuaian Penyusunan Dokumen Analisis Jabatan dan Analisis Beban Kerja Pemerintah Kota Palopo terhadap Permenpan RB nomor 1 tahun 2020 dan Permenpan RB nomor 41 tahun 2018 yang dilaksanakan di Ruang Pertemuan Ratona, Rabu, 11 November 2020.

Walikota Palopo, yang diwakili Asisten III bidang Administrasi Umum, Dr dr H Ishaq Iskandar MKes menyampaikan seiring dengan bergulirnya reformasi birokrasi pada instansi Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah maka perlu melakukan pembaharuan dan perubahan mendasar terhadap sistem penyelenggaraan pemerintahan terutama menyangkut aspek kelembagaan atau organisasi sumber daya manusia aparatur dan ketatalaksanaan.

ADVERTISEMENT

Lanjutnya, salah satu tujuan reformasi birokrasi adalah membangun aparatur negara agar mampu mengemban misi, tugas dan fungsi serta peranannya masing-masing secara bersih, efektif dan efisien dalam rangka meningkatkan pelayanan publik yang lebih baik.

Selanjutnya tuntutan masyarakat terhadap peningkatan kinerja ASN secara menyeluruh semakin meningkat dari tahun ke tahun karena itu menjadi hal yang mutlak untuk menghadirkan ASN yang profesional setiap bidang tugas.

ADVERTISEMENT

“Penempatan dan distribusi ASN sesuai dengan kompetensi dan kebutuhan organisasi merupakan salah satu faktor pendukung terciptanya ASN yang profesional,” katanya.

Pelaksanaan bimbingan teknis penyusunan analisis jabatan dan analisis beban kerja merupakan upaya pemerintah kota Palopo dalam memberi pedoman yang baik dalam rangka meningkatkan kemampuan ASN dalam menyusun analisis jabatan dan analisis beban kerja pada masing-masing perangkat daerah.

“Dengan adanya pelaksanaan bimbingan teknis yang bekerjasama dengan Lembaga Administrasi Negara (LAN) RI diharapkan mampu memberi gambaran kepada perangkat daerah sehingga tersusun dokumen analisis jabatan dan analisis beban kerja yang bermutu yang mencerminkan kondisi ideal dari perangkat daerah tersebut,” ujarnya.

Adapun Narasumber di acara tersebut yakni Ahmad Sukarno S.IP, M.Adm SDA dan Muhammad Iqbal Sos., M.A.

Turut hadir Kabag Organisasi, Magfirani Nassa, S.STP., M.Si dan para Kabag Setda kota Palopo serta para tamu undangan lainnya. (*/hms/iys)

ADVERTISEMENT