Gantikan Awaluddin, Haeruddin Yusuf Resmi Jabat Wakil Ketua DPRD Luwu Utara

153
Haeruddin Yusuf resmi jabat Wakil Ketua DPRD Luwu Utara. (Foto : ist)
ADVERTISEMENT

LUWU UTARA — Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Luwu Utara (Lutra) dari Partai Nasional Demokrat (Nasdem) resmi berganti melalui mekanisme Pengganti Antar-Waktu (PAW) sisa masa jabatan 2019-2024. PAW dilakukan dalam Rapat Paripurna Peresmian Pengangkatan dan Pengucapan Sumpah/Janji Wakil Ketua DPRD dari Partai Nasdem, Kamis (1/12/2022), di Gedung DPRD Lutra.

Rapat Paripurna Peresmian Pengangkatan dan Pengucapan Sumpah/Janji Wakil Ketua DPRD dari Partai Nasdem ini dilaksanakan berdasarkan Surat Keputusan Gubernur Sulawesi Selatan, Nomor: 2266/XI/Tahun 2022 tentang Peresmian Pengangkatan Wakil Ketua DPRD Kabupaten Luwu Utara Sisa Masa Jabatan Tahun 2019-2024 atas nama Haeruddin Yusuf.

ADVERTISEMENT

Pada SK Gubernur point Menimbang huruf b disebutkan bahwa berdasarkan Keputusan DPRD Lutra Nomor 15 Tahun 2022, tentang Usul pemberhentian Wakil Ketua DPRD Lutra Masa Jabatan 2019-2024 dan Pengumuman Calon Pengganti Wakil Ketua DPRD Lutra atas nama Haeruddin Yusuf menggantikan Awaluddin, sehingga terhitung sejak tanggal pelantikan hari ini, Haeruddin Yusuf resmi menjabat sebagai Wakil Ketua DPRD Lutra hingga 2024.

Ketua DPRD Lutra, Drs. Basir, yang ditemui usai memimpin rapat menyampaikan selamat dan sukses kepada Haeruddin Yusuf atas amanah yang diberikan. Kepada Awaluddin, Basir menyampaikan ucapan terima kasih kepada dia atas segala jasa dan pengabdiaanya selama menjabat sebagai Wakil Ketua DPRD dari Partai Nasdem.

ADVERTISEMENT

“Kami atas nama Pimpinan dan Anggota DPRD Lutra menyampaikan selamat dan sukses dalam melaksanakan tugas kepada bapak Haeruddin, sekaligus ucapan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada pak Awaluddin atas dedikasi dan pengabdiannya selama menjabat sebagai wakil ketua DPRD,” ucap Basir.

Hal yang sama juga disampaikan Bupati Luwu Utara, Indah Putri Indriani, dalam sambutannya yang dibacakan oleh Wakil Bupati Suaib Mansur.

ADVERTISEMENT

“Atas nama pribadi, pemerintah daerah dan masyarakat, kami menyampaikan selamat kepada saudara Haeruddin Yusuf atas dilantiknya sebagai Wakil Ketua DPRD sisa masa jabatan 2019-2024. Semoga tetap menjalankan amanah rakyat, bersikap kritis yang konstruktif, cepat dan tanggap memperjuangkan kepentingan masyarakat,” kata Suaib Mansur.

Suaib juga menyampaikan ucapan yang sama kepada Awaluddin atas pengabdiannya selama menjabat sebagai Wakil Ketua DPRD Luwu Utara.

“Terima kasih kami sampaikan kepada saudara Awaluddin atas dedikasi, pengabdian dan kerjasamanya selama ini sebagai Wakil Ketua DPRD Lutra. Untuk itu, pemerintah daerah mengapresiasi dan memberikan penghargaan yang setinggi-tingginya,” ucap Suaib.

Dikatakan Suaib, pemerintah daerah dan DPRD merupakan lembaga tinggi daerah yang memiliki hubungan yang sejajar dan bersifat kemitraan. Kedua lembaga ini, kata dia, harus memiliki hubungan harmonis agar dapat memberi manfaat positif dalam proses demokrasi.

“Hubungan yang terjalin dengan baik antara keduanya tentu akan memberikan hasil yang positif dalam penyelenggaraan pemerintahan. Peran kedua lembaga ini dapat meningkatkan terjadinya check and balances untuk mewujudkan good governance,” imbuhnya.

Turut hadir dalam rapat paripurna ini, Wakil Ketua dan Anggota DPRD Lutra, unsur Forkopimda, Ketua KPU, Komisioner Bawaslu, Ketua Partai Politik, Staf Ahli, para Asisten, Kepala Perangkat Daerah, Tokoh Adat, dan undangan lainnya. (mc/LH)

ADVERTISEMENT