Gelar MGMP, SMPN 1 Palopo Siap Lakukan Pembelajaran Tatap Muka Maupun Daring

65
Para guru pendidik di SMPN 1 Palopo saat merayakan Hari Guru Nasional (PGRI) bulan November 2020 lalu.
ADVERTISEMENT

PALOPO–Situasi dan perkembangan penyebaran virus Corona di kota Palopo rupanya masih belum memungkinkan adanya pembelajaran tatap muka yang seyogyanya dimulai 4 Januari 2021 kemarin,  di semua satuan pendidikan.

Di hari pertama sekolah, para siswa SMPN 1 Palopo tetap mengikuti pembelajaran secara daring, dan terus diberikan semangat dan motivasi, harapannya agar di semester genap ini, pembelajaran bisa lebih baik lagi.

ADVERTISEMENT

“Untuk hari ini, para wali kelas mengisi jam belajar siswa dengan memotivasinya untuk tetap semangat mengikuti pembelajaran secara daring dan mengisi absensi kehadiran,” terang Suriadi Rahmat SAg MPdI, Kepala SMPN 1 Palopo.

Kondisi di masa pandemi, membuat satuan pendidikan, khususnya di lingkup SMPN 1 Palopo kembali melaksanakan sistem daring atau jarak jauh, dimana sebelumnya diawali dengan menggelar rapat Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) di ruang guru, sekolah yang terletak di Jalan Andi Pangerang No. 2, Luminda, Wara Utara itu, Senin (04/01/21).

ADVERTISEMENT

Rapat yang dipimpin Suriadi Rahmat SAg MPdI itu dilakukan untuk melakukan rangkaian evaluasi atas sistem daring yang sudah dilakukan sebelumnya serta membahas rencana dan persiapan ke depan memasuki semester genap di tahun ajaran 2020/2021.

Suriadi juga berpesan kepada para guru mata pelajaran maupun wali kelas untuk tetap semangat dan selalu siap dalam kondisi apapun.

“Kita masih berada di tengah masa pandemi, untuk itu kita harus tetap menjaga semangat demi pembelajaran yang lebih baik ke depannya,” ujarnya.

Dalam rapat MGMP tersebut, ada dua poin penting yang menjadi pembahasan, ialah mempersiapkan perangkat pembelajaran analisis Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) dan penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP).

Sebelumnya, Plt Kepala Dinas Pendidikan kota Palopo yang lama, Asnita Darwis, melalui surat pemberitahuan bernomor 421/620/Disdik/XII/2020 tertanggal 17 Desember 2020 lalu mengeluarkan 5 butir pemberitahuan, dimana pada butir keempat menyebutkan, bahwa, Proses Belajar Mengajar (PBM) untuk tahun pelajaran 2020/2021 semester genap dimulai tanggal 4 Januari 2021 dengan tetap melaksanakan pembelajaran jarak jauh (daring/luring) sambil menunggu keputusan lebih lanjut mengenai pelaksanaan pembelajaran tatap muka.

SMPN 1 Palopo sendiri menyatakan siap dengan sistem pembelajaran apa saja, baik secara tatap muka maupun daring atau online, dengan tetap mengutamakan protokol kesehatan seperti yang sudah diterapkan selama ini di salah satu sekolah favorit di kota Palopo itu. (har/iys)

ADVERTISEMENT