Gelar Ujian Semester di Bulan Ramadan, Kepsek SDN 30 Mattirowalie: Puasa Buat Siswa Semakin Fokus

576

PALOPO – Hingga hari ini Ulangan Semester Genap bagi siswa SDN 30 Mattirowalie Kota Palopo masih berlangsung, Rabu (23/05). Seperti dengan sekolah lain pada umumnya ulangan kenaikan kelas tersebut mulai dilaksanakan Senin lalu, (21/05).

Suriana, Kepala Sekolah SDN 30 Mattirowalie mengatakan perbedaan semester kali ini adalah karena ujian diadakan dalam Bulan Suci Ramadhan.

“Yang membedakan dengan ulangan pada tahun-tahun sebelumnya karena suasana ujian kali ini dilaksanakan dalam Bulan Ramadan. Dimana siswa kami tidak hanya melaksanakan ujian akan tetapi juga sedang ibadah puasa,” katanya.

Meskipun demikian, pihaknya menghimbau agar siswa tetap konsisten dan fokus dalam melaksanakan ujian semester dan teliti menjawab soal soal dengan tepat.

“Jangan karena puasa, jadi tidak konsentrasi menjawab soal. Justru karena berpuasa siswa semakin fokus dan meningkatkan kualitas belajarnya, dengan memanfaatkan waktu luang,” tambah Suriana.

Sebaliknya dengan ibadah puasa yang dilaksanakan dirinya berharap siswa bisa fokus dan khusyu dalam menjawab soal.

“Tidak semua siswa berpuasa, ada yang puasa setengah hari, memang dalam umur yang segini wajar, mereka masih dalam tahap pembelajaran,” tambahnya.

Lanjut, Suriana, sebelum ujian dilaksanakan para guru telah memberikan pembinaan dan pendalaman materi terhadap siswa yang mengikuti ujian. Langkah itu diharapkan mampu berdampak baik bagi hasil ujian para siswa. (apl/liq)