Gempa 4,1 Magnitudo Guncang Luwu Timur

323

MALILI-Gempa bumi mengguncang Kabupaten Luwu Timur, Sabtu (22/2/2020) sekitar pukul 20:05 wita malam. Gempa berkekuatan 4,1 mangnitudo itu terjadi di titik koordinat 2.46 Lintang Selatan dan 121.46 Bujur Timur.

Dikutip dari situs BMKG.go.id, pusat gempa berada di darat 34 Km timur laut Kabupaten Luwu Timur, atau lebih tepatnya berpusat di Soroako, Kecamatan Nuha, Kabupaten Luwu Timur.

Gempa dengan kedalam 10 kilometer ini, termasuk dalam klasifikasi gempabumi dangkal akibat aktivitas Sesar Matano yang berdekatan dengan pusat epicenter.

Gempa ini sendiri dirasakan oleh masyarakat, hingga ke wilayah Kecamatan Malili, Kabupaten Luwu Timur. Gempa ini sendiri tidak berpotensi Tsunami.

Kepala BMKG wilayah IV Makassar, Darmawan mengimbau kepada masyarakat khusunya yang berada di Kabupaten Luwu Timur, agar tetap tetang.

“Kepada masyarakat dihimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya,” imbaunya.

Dia juga meminta, kepada seluruh masyarakat agar mengunjungi situs BMKG.go.id jika untuk memastikan kebenaran informasi yang mereka dapatkan.

“Pastikan informasi resmi hanya bersumber dari BMKG yang disebarkan melalui kanal komunikasi resmi yang telah terverifikasi,” pungkasnya. (Sya)