Gerai Ace dan Informa di Mal Panakkukang Dilalap Api, Hampir 12 Jam Baru Berhasil Dijinakkan

165
ADVERTISEMENT

MAKASSAR--Aneka perabot rumah tangga, furniture dan onderdil listrik lainnya yang berada di lantai satu gerai Ace Hardware dan Informa di Panakkukang Mal banyak yang hangus.

Lantaran gerai perabot dan furniture milik PT Kawan Lama Sejahtera itu dilumat si jago merah sejak Jumat tengah malam sekira pukul 11.45 WITA hingga Sabtu siang tadi jam 10.30 Wita, (6/2/2021).

Beruntung kobaran api hanya “bermain” di lantai dua dan satu, tidak sampai menjalar ke Ramayana dan Carrefour yang berada di lantai tiga.

Kasi Kendali Operasi Dinas Damkar Makassar, Cakrawala yang dikonfirmasi awak media menjelaskan, laporan masuk ke Posko pukul 00.14 wita. Namun setelah tiba di lokasi, diperkirakan api sudah berkobar satu jam sebelumnya.

ADVERTISEMENT

Semua armada dikerahkan ke TKP yang terletak di Kecamatan Panakkukang itu, tengah kota. Mulai dari armada dari Posko pusat di jalan Ratulangi hingga posko-posko bantuan.

Total ada 100 personel yang diturunkan karena pagi ini seharusnya sudah pergantian, tapi petugas shift sebelumnya masih bekerja.

Peresmian pembukaan gerai baru Ace Hardware (ACES) di Manado. - Istimewa
Suasana saat peresmian pembukaan gerai baru Ace Hardware (ACES) dan Informa di Manado bulan Desember tahun 2020 lalu.

“Asal api dari lantai dua kemudian menjalar ke lantai satu. Tapi yang lebih dulu habis itu di lantai satu yang di dalamnya ada barang-barang elektronik sehingga berkali-kali terdengar ledakan-ledakan.”

“Saat ini api di lantai dua belum berhasil dikendalikan. Di situ juga barang-barang mudah terbakar seperti sofa dan semacamnya. Tapi karena asap sangat tebal, membuat jarak pandang berkurang. Akses masuk juga sangat terbatas,” jelas Cakra saat api mulai membesar dan pemadam bekerja mengendalikan api, 8 jam yang lalu.

“Kendalanya kita, masuk di lantai satu itu sudah penuh dengan kepulan asap.”

“Sampai saat ini di lantai satu sudah terkendali, di lantai tiga juga sudah terkendali. Di lantai dua itu sudah proses pendinginan juga,” ujarnya.

Pihaknya mengaku, selain melakukan proses pendinginan, juga dilakukan pembobolan beberapa pintu kios yang tertutup untuk mengeluarkan asap.

Belum diketahui penyebab pasti dan kerugian akibat peristiwa nahas ini.

(*/iys)

ADVERTISEMENT