Goes to School di SMKN 1 Palopo, Bawaslu Ingin Pemilih Pemula Terlibat dalam Pengawasan Pemilu

82
Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kota Palopo menggelar Bawaslu Goes to School di SMKN 1 Palopo, Selasa (21/06/2022). (Foto : Ayonk Darman)
ADVERTISEMENT

PALOPO — Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kota Palopo menggelar Bawaslu Goes to School di SMKN 1 Palopo, Selasa (21/06/2022). Kegiatan itu juga dihadiri Kepala Cabang Dinas Pendidikan Wilayah IX, Muhammad Arfah.

Ketua Bawaslu Palopo, Asbudi Dwi Saputra menjelaskan kegiatan itu sengaja dilaksanakan untuk meningkatkan partisipasi masyarakat dalam pengawasan pemilu. Utamanya bagi pemilih pemula yang baru akan memberikan hak suaranya di pesta demokrasi lima tahunan itu.

ADVERTISEMENT

“Tugas kami itu ada 3 yaitu pencegahan, seperti melakukan sosialisasi dan imbauan. Kedua pengawasan yang mana juga dapat dilakukan oleh masyarakat melalui pengawasan partisipatif. Ketiga adalah penindakan yang dilakukan jika telah terjadi pelanggaran Pemilu,” jelas Asbudi.

Tak hanya itu, kegiatan tersebut juga bertujuan untuk memperkenalkan pemilu yang jujur, adil dan transparan. Selain itu, juga memperkenalkan lembaga pengawasan pemilu kepada para pemilih pemula.

“Ini juga untuk meningkatkan kesadaran seluruh elemen masyarakat, baik itu organisasi kemasyarakatan, masarakat umum dan pemilih pemula agar berani melaporkan bila ada indikasi pelanggaran dalam pelaksanaan pemilu,” pungkasnya. (yong)

ADVERTISEMENT