Golkar Luwu Belum Punya Jagoan Pengganti Basmin Mattayang

169
ADVERTISEMENT

BELOPA — Masa jabatan Bupati Luwu Basmin Mattayang akan dipangkas. Penggantinya akan dilantik paling lambat 31 Desember 2023 mendatang. Untuk pengganti, DPRD Luwu, Gubernur Sulsel dan Kemendagri masing-masing tiga nama. Sejauh ini sejumlah partai di DPRD Luwu belum punya jagoan.

Wakil Ketua Bidang Organisasi Golkar Luwu, Zulkifli, mengaku hingga saat ini pihaknya masih menunggu petunjuk teknis terkait pengusulan nama. ” Kami belum ada nama untuk diusul. Pembahasannya belum masuk ke sana. Karena kita juga akan rapatkan di fraksi dan meminta petunjuk dari Ketua DPD II Partai Golkar,” kata Zulkifli yang juga Wakil Ketua DPRD Luwu ini.

ADVERTISEMENT

Sementara itu, Kepala Biro Pemerintahan dan Otonomi Daerah Setda Sulsel Idham Kadir mengatakan saat ini pihaknya masih menunggu surat pemberhentian kepala daerah dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri). “Sejauh ini belum ada surat dari Kemendagri Kalau ada suratnya masuk ke Pj Gubernur, baru akan dilakukan pembahasan siapa Pj kepala daerah sesuai kriteria tadi,” ujarnya.

Namun menurut Idham, pelantikan Pj Bupati Luwu pengganti Basmin harus dilakukan pada tanggal 31 Desember 2023. “Jadi Mendagri menyurat ke Gubernur, dari Sekjend Mendagri bersurat ke DPRD. Pj kepala daerah harus sudah ada di tanggal 31 Desember,” tutupnya. (mat) 

ADVERTISEMENT