Graha Janna Ditahan Imbang Gaspur Purangi 2-2, Grup A Palopo Super League Kiat Sengit

283

PALOPO — Duel empat tim yang berlaga dalam penyisihan grup A Palopo Super League di Stadion Lagaligo Palopo kian seru dan menegangkan.

Hingga matchday ke 7, Minggu 23 Februari 2020, persaingan di grup A semakin ketat saja.

Graha Janna yang diunggulkan hanya mampu bermain imbang 2-2 atas tim Gaspur 90 Purangi yang tampil cemerlang meski harus lebih dulu ketinggalan 0-1.

Petaka pertama bagi Gaspur justru datang di menit-menit awal babak pertama. Kepiawaian Riki menggocek bola membuat kiper kedua Gaspur mati langkah. Bola deras tendangan kaki kanan Riki yang mantan pemain Liga 3 itu bersarang di sudut kiri penjaga gawang Gaspur, Syahrul. Gooool 1-0.

Namun, dua menit kemudian, datang serangan mantap anak-anak Gaspur, kali ini lewat tengah jantung pertahanan Graha Janna. Tendangan M Rizal membuat kiper Resky Jafar yang tak bisa mengantisipasi akhirnya harus memungut si kulit bundar dari jaringnya. Kedudukan imbang 1-1 bertahan hingga turun minum.

Di babak kedua, determinasi kedua tim semakin tinggi dan hangat. Graha Janna memiliki banyak peluang emas yang sayang sekali tak berhasil berbuah gol. Syarmisan yang ditandem dengan Ifan Indar, sedikitnya memiliki dua peluang emas yang gagal ia manfaatkan dari rusuk kiri pertahanan Gaspur.  Gol kedua bagi tim asal perumahan Graha Janna di kawasan Songka itu baru tercipta di menit ke 43.

Heading striker keling Graha Janna, Ifan Indar merobek jala sebelah kiri Aldi Kamal yang masuk menggantikan Syahrul sejak babak pertama. Gol pria kelahiran 8 Agustus 1998 itu membuat seribu-an penonton di Tribun Tertutup Stadion Lagaligo bersorak.

Tapi, Gaspur yang sudah ketinggalan 1-2 tak kehabisan akal untuk menyamakan kedudukan. Juru Taktik Gaspur, Kamaruddin melakukan rotasi pemain. Tusukan pemain-pemain Gaspur tak kalah tajam. Lewat permainan kaki ke kaki menggunakan lebar lapangan membuat Graha Janna agak kewalahan.

Akhirnya, pemain bernomor punggung 11 Gaspur, Samsuddin berhasil tampil sebagai pahlawan yang menyelamatkan klub asal negeri “Sop Ubi” itu terhindar dari kekalahan. Di menit ke 52, tandukan pemain yang baru masuk 5 menit tersebut berhasil mengubah kedudukan menjadi 2-2.

Suporter Gaspur 90, yang didominasi emak-emak dan kaum hawa pun berpesta menyaksikan tim pujaannya tampil apik dan tak mengecewakan.

Arifuddin, Pelatih Gaspur usai pertandingan mengaku cukup puas, meski hasilnya imbang dan Gaspur hanya mampu membawa pulang 1 poin.

“Ya cukup puaslah, anak-anak kami sudah tampil baik, sudah sesuai dengan instruksi saya, pola 4-4-2 yang kami terapkan efektif bisa mengimbangi kekuatan Graha Janna, lini tengah mereka agak kendor di babak kedua, kita pakai serangan balik dan Alhamdulillah berhasil,” ungkap Arifuddin .

Sedangkan bagi Suba’, coach Graha Janna tak kuasa menyembunyikan kekecewaannya.

“Kalau ditanya puas, terus terang saya pribadi kurang puas, target kami tadi harus bisa menang, tetapi mungkin faktor lucky, anak-anak sudah tampil maksimal, tetapi mungkin terlalu terburu-buru, kurang rileks dan penyelesaian akhir belum sesuai harapan, kita akui kita memang belum terlalu padu karena faktor latihan yang masih kurang, jadi belum terlalu matching, tapi kita berusaha untuk bisa lebih baik lagi, di laga ketiga nanti,” aku sang Juru Taktik yang pernah membawa Graha Janna kampiun di beberapa turnamen Tarkam.

Sedangkan Samsuddin yang menjadi penyelamat muka Gaspur mengaku mempersembahkan gol manisnya untuk Tim serta keluarga dan para suporter yang sudah rela datang untuk menyaksikan laga, yang termasuk dalam hitungan “Laga Paling Seru” selama Palopo Super League 2020 ini digelar di pekan keduanya ini.

Wasit Juswan dalam pertandingan ini mengeluarkan 7 lembar kartu kuning yang diterima 4 pemain Graha Janna dan 3 pemain Gaspur 90 Purangi.

Jadwal PSL 2020, Selasa, 25 Februari 2020 di Stadion Lagaligo:

Jam 14.30: Sendana Vs Dangerakko

Jam 16.30: Salobulo Vs Lagaligo (Bigmatch)

(iys)