Gratis, Ayo Hadiri Palopo Festival Literasi

504
ADVERTISEMENT

PALOPO — HMK Univeritas Muhammadiyah Palopo bekerjasama dengan komunitas Simpul Peradaban akan kembali menggelar Palopo Festival Literasi Chapt II yang digelar selama tiga hari di pelataran taman Qurani Masjid Agung Luwu Palopo termasuk beberapa kampus.

Siapa Kandidat Pasangan Calon Bupati/Wakil Bupati Luwu Timur 2020-2025 Pilihan Anda ?
1. Irwan Bachry Syam-Andi Muhammad Rio Pattiwiri Hatta (Ibas-Andi Rio)
2. HM Thoriq Husler-Budiman Hakim (MTH Berbudi)
Dibuat Oleh Seruya Poll

Kegiatan akan dimulai Kamis-Sabtu, tanggal 27-29 Juni 2019. Panitia pelaksana, Muh Andi Israfil mengatakan Palopo Festival Literasi ini terbuka untuk umum, pelajar, komunitas hingga pegiat literasi dengan menghadirkan berbagai narasumber. Peserta juga tidak dipungut biaya.

“Kegiatan ini bertujuan untuk membangun budaya literasi yaitu membaca dan menulis, upaya melawan hoax serta agar masyarakat kota Palopo gemar membaca dan membaca menjadi kebiasaan serta gaya hidup,” kata Israfil.

Ia menambahkan, budaya literasi di Indonesia sangat menarik untuk diperbincangkan. Mengingat budaya literasi di Indonesia masih rendah dan belum mendarah daging di kalangan masyarakat termasuk di Palopo.

ADVERTISEMENT

“Di tengah melesatnya budaya populer, buku tidak lagi menjadi prioritas utama. Bahkan masyarakat lebih mudah menyerap budaya berbicara dan mendengar daripada membaca kemudian menuangkannya dalam bentuk tulisan,” sebut Israfil.

“Yang lebih ironisnya lagi, berdasarkan hasil survey BPS, tren minat baca turun dari tahun ke tahun,” tambahnya.

ADVERTISEMENT
Siapa Kandidat Pasangan Calon Bupati/Wakil Bupati Luwu Utara 2020-2025 Pilihan Anda ?
1. Arsyad Kasmar-Andi Sukma (AKAS)
2. Indah Putri Indriani-Suaib Mansur (IDAMAN)
3. Thahar Rum-Rahmat Laguni (MATAHARI)
Created with Seruya Poll

Selain pelataran taman Qurani Masjid Agung Luwu Palopo, juga akan dilakukan road to campus ke Universitas Muhammadiyah, IAIN Palopo, UNCP dan Unanda.

Adapun beberapa kegiatan yang dilakukan seperti diskusi, bincang sastra dan literasi, bincang seni, bincang komunitas, bincang media, bincang sejara, bincang penulis dan lainnya. Adapun beberapa narasumber diantaranya Haidir Basir, Muhidin M Dahlan, Andi Solulipu Sulthani, Muh Syahudin dan lainnya. (asm)

ADVERTISEMENT