Gubernur Sulsel Jenguk Nurdin Abdullah di Lapas Sukamiskin Tuai Dua Protes, Kok Bisa?

329
Gubernur Sulawesi Selatan, Andi Sudirman Sulaiman menjenguk Mantan Gubernur Sulsel, Nurdin Abdullah di Lapas Sukamiskin, Bandung, Provinsi Jawa Barat Kamis 9 Juni 2022 lalu.
ADVERTISEMENT

KORANSERUYA.COM–Kunjungan Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman untuk menjenguk mantan Gubernur Sulsel, Nurdin Abdullah di Lapas Sukamiskin, menuai dua protes.

Protes pertama datang dari putri Nurdin Abdullah, Putri Fatima Nurdin. Dia memprotes dan membantah klaim pihak Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman (ASS) soal ayahnya mendorong ASS maju di Pilgub Sulsel 2024.

Selanjutnya protes kedua datang dari Kalapas Sukamiskin Bandung, Elly Yuzar. Dia memprotes sekaligus menyoroti beredarnya foto Gubernur Andi Sudirman Sulaiman yang menjenguk Nurdin Abdullah di Lapas. Alasannya, i dalam area Lapas dilarang berfoto.

Kembali ke protes Putri Fatima Nurdin, secara tegas bahwa ayahnya tidak pernah melontarkan pernyataan mendorong ASS untuk maju Pilgub Sulsel, seperti ramai diberitakan media di Sulsel dari rilis Pemprov Sulsel. Termasuk KORAN SERUYA ikut merilis rilis berita tersebut dari Pemprov Sulsel.

ADVERTISEMENT

“Belum pernah ada pernyataan Nurdin dorong ASS maju Pilgub, karena kami kalau ketemu Bapak lebih banyak membahas perkembangan cucu-cucu,” ungkap Putri, dilansir KORAN SERUYA dari detikSulsel, Jumat (10/6/2022).

Putri menuturkan, memang saat ASS menjenguk Nurdin ke Lapas Sukamiskin Bandung, tidak ada pihak keluarga yang ikut mendampingi. Sehingga pihaknya tidak ingin mengomentari lebih jauh kunjungan ASS ke NA di Bandung. “Kalau kami dari pihak keluarga no comment (soal pertemuan). Karena kami tidak mengikuti pertemuan tersebut,” bebernya.

Hanya saja pihaknya menyesalkan adanya foto pertemuan ASS dengan NA di Lapas yang beredar luas. Apalagi foto tersebut lalu diposting di instagram Andi Sudirman Sulaiman sehingga Putri Nurdin sempat protes di kolom komentar sebelum postingan tersebut dihapus. “Iya kan di Sukamiskin (Lapas) tidak boleh ada kamera. Iya (kami sesalkan),” tegas Putri.

Untuk diketahui, dalam keterangan pihak ASS yang disebar kepada awak media, disebutkan jika Nurdin mendorong ASS untuk kembali maju di Pilgub Sulsel 2024. Hal ini menurut kesaksian Staf Khusus ASS bernama Irwan yang dimuat dalam rilis tersebut. “Iya, dalam kunjungan bapak Gubernur ke Bandung, beliau berkunjung khusus untuk menjenguk bapak Prof Nurdin Abdullah di Lapas Sukamiskin,” ungkap Irwan yang menjadi saksi pertemuan tersebut dalam rilis Humas Pemprov Sulsel yang diterima, Jum’at (10/6).

Irwan menggambarkan pertemuan tersebut dalam suasana penuh keakraban. Dia menyebut ASS memeluk erat NA yang merupakan pasangannya saat pilgub 2018 lalu. Keduanya disebutnya berbincang terkait perkembangan Sulsel.

“Bapak Gubernur menyampaikan perkembangan Sulsel, khususnya terkait pelaksanaan Visi Misi, bahwa apa yang menjadi prioritas (RPJMD 2018-2023) tetap dilanjutkan secara bertahap,” jelasnya.

Irwan mengaku sempat mendengar sikap politik NA dalam pertemuan tersebut. Dia mengklaim NA mendorong ASS untuk kembali maju dalam kontestasi Pilgub Sulsel 2024. “Maju mi lagi, karena masyarakat banyak berharap. Sulsel ini butuh wajah baru dan anak muda kayak kita. Dulu juga pernah saya sampaikan,” kata Irwan meniru perkataan Nurdin Abdullah. (***)

ADVERTISEMENT