Gubernur Sulsel Kunjungi Rencana Akses Jalan Bua-Toraja, Latuppa-Bastem

310
ADVERTISEMENT

Palopo, – Gubernur Sulawesi Selatan, Prof HM Nurdin Abdullah berkunjung ke Palopo, Rabu (29/5/2019).

Ia diterima oleh Walikota Palopo, Judas Amir dan Bupati Luwu Basmin Matayang.

ADVERTISEMENT

Prof Nurdin Abdullah menjelaskan terkait akses-akses jalan dan ingin melihat langsung objek-objek pariwisata yang ada di Luwu Raya, dan bagaimana keberlanjutan pembangunan infrastruktur yang ada di Kota Palopo dan Kabupaten Luwu.

Untuk menindaklanjuti rencana tersebut Gubernur Sulsel bersama rombongan dan kedua kepala daerah akan melakukan peninjauan langsung wilayah pembangunan jalan dari Bua menuju Rantepao.

ADVERTISEMENT

“Sebentar kita akan melakukan peninjauan langsung jalan dari Bua menuju Rantepao,” ungkap Prof Nurdin Abdullah saat berdiskusi dengan dua kepala daerah tersebut.

Mengenai Kota Palopo ini, ungkap NA harus menjadi pusat pertumbuhan, oleh karenanya Rumah Sakit Regional akan di bangun di sini, jadi tidak perlu ke Rumah Sakit Wahidin lagi.

ADVERTISEMENT

“Orang itu datang yang pertama dia tanya itu Hotel, Rumah Sakit, Bandara, Restoran, kalau ini semua sudah bisa di hadirkan, selesai,” jelasnya.

Sementara yang akan dibangun tahun ini adalah akses dari Bua menuju Rantepao kemudian Latuppa-Bastem terus yang fungsional ini Sabbang – Seko.

Dirinya ingin tidak ada lagi program-program tahun 2020 perencanaan baru di lelang, karena 2019 semua kesiapan pelelangan sudah selesai.

“Tahun 2020 Januari fisik sudah bergerak semua,. Kalau kita cepat bergerak, pertama tukang mulai bekerja, buruh sudah mulai kerja, bahan bangunan udah mulai laku orang belanja. Yang kedua masyarakat cepat nikmati, coba Januari kemarin (2019) pelelangan udah selesai, Januari sudah memulai kerja semua jalan sudah dinikmati orang untuk lebaran,” katanya.

Pada kesempatan itu juga Gubernur Sulsel meminta Bupati Luwu Basmin Matayang untuk cepat mendorong pembangunan infrastruktur untuk masyarakat Luwu.

“Kita bawa tim dan Pemprov Sulsel pak, ini alumni Jepang. Kita mau di Luwu harus bagus ada fasilitas trotoar untuk pejalan kaki,” kata mantan Bupati Bantaeng 2008-2018 itu.

Pada kesempatan itu juga alumni Unhas Makassar itu, sempat menyinggung keadaan jalan menuju Bastem, dan Kecamatan Seko Luwu Utara.

Untuk diketahui, Gubernur Sulsel akan berada selama dua hari di Luwu Raya dalam rangka safari Ramadhan dan peninjauan langsung rencana proyek pembangunan jalan dan fasilitas lainnya.

Setelah itu Gubernur dan pejabat lainnya melakukan sholat dhuhur di Masjid Ulil Amri seputaran Kantor Walikota Palopo.

Dalam kunjungan Gubernur, Tampak hadir pula Wakil Walikota Palopo, Ir. H. Rahmat Masri Bandaso, Sekda Kota Palopo, H. Jamaluddin, Kepala Bappeda Palopo, Firmanzah, Kabag Humas Setda Kota Palopo, Eka Sukmawati, serta Pejabat lainnya. (rls)

ADVERTISEMENT