Gunakan Pakaian Adat, Guru SMKN 2 Palopo Ikuti Upacara Peringatan Hardiknas

90
SMKN 2 Palopo menggelar upacara peringatan Hardiknas. (Foto : Dok. SMKN 2 Palopo)
ADVERTISEMENT

PALOPO — Sejumlah sekolah di Kota Palopo, Provinsi Sulawesi Selatan serentak memperingati Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas). Peringatan tersebut juga dilaksanakan SMKN 2 Palopo.

Salah satu sekolah unggulan di Palopo itu menggelar upacara peringatan hari pendidikan nasional. Upacara itu dilakukan di Lapangan SMKN 2 Palopo, pekan lalu.

Diketahui, Hari Pendidikan Nasional bertepatan dengam tanggal 2 Mei yang diperingati setiap tahunnya. Peringatan hardiknas sendiri diambil dari hari lahir tokoh pendidikan Nasional yang juga Menteri Pendidikan pertama Indonesia, Ki Hadjar Dewantara.

Ki Hadjar Dewantara terkenal dengan filosofinya di depan memberi contoh, di tengah memberi semangat, di belakang memberi dorongan.

ADVERTISEMENT

Kepala Sekolah SMKN 2 Palopo Nobertinus melalui Waksek Bidang Kesiswaan Suparman mengatakan ada yang menarik pada upacara Hardiknas ini. Para peserta yang merupakan siswa dan guru menggunakan pakaian adat.

“Upacara berjalan dengan hikmat. Upacara itu dipimpin wakil kepala SMKN 2 Palopo bidang urusan hubungan masyarakat/industri, Abdullah Saleng. Selain itu, para guru memakai baju adat tradisional,” kata Suparman.

Dia menambahkan, peringatan Hardiknas kali ini mengajarkan kepada siswa tentang pentingnya pendidikan untuk membangun bangsa Indonesia. Seperti yang dicontohkan Ki Hadjar Dewantara.

“Kita perkenalkan pada para siswa betapa pentingnya pendidikan di peringatan Hardiknas ini. Meski kita berbeda-beda tetapi kita harus bersatu demi kemajuan dunia pendidikan lebih baik, khususnya di di Kota Palopo,” tandasnya. (ayb)

ADVERTISEMENT