Gunakan Pakaian Adat, Lapas Palopo Gelar Upacara Bendara Peringati Sumpah Pemuda

55
Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIA Palopo Kemenkumham Sulsel menggelar upacara bendera memperingati hari Sumpah Pemuda ke 94. (Foto : Dok. Lapas Palopo)
ADVERTISEMENT

PALOPO – Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIA Palopo Kemenkumham Sulsel menggelar upacara bendera memperingati hari Sumpah Pemuda ke 94. Dalam upacara itu, para peserta upacara menggenakan pakaian adat.

Setiap tanggal 28 Oktober, Indonesia selalu memperingatinya sebagai hari Sumpah Pemuda. Peringatan tersebut mengingatkan bangsa Indonesia terhadap sejarah perjuangan seluruh elemen pemuda Indonesia yang telah menyebar semangat menjaga jiwa patriotisme.

ADVERTISEMENT

Upacara peringatan Sumpah Pemuda itu diikuti para pejabat struktural dan pegawai Lapas Palopo, Bapas Palopo, dan Kanim Palopo. Mereka mengenakan pakaian adat beserta warga binaan pemasyarakatan (WBP) bertempat di lapangan Lapas Palopo, Jumat (28/10/2022).

Peringatan Sumpah Pemuda tahun ini mengangkat tema “Bersatu Bangun Bangsa” yang bermakna Sumpah Pemuda hendaknya bisa dijadikan sebagai inspirasi bagi generasi muda Indonesia.

ADVERTISEMENT

Kepala Divisi Imigrasi, Jaya Saputra yang bertindak sebagai Inspektur Upacara dalam amanatnya di hadapan seluruh peserta upacara membacakan naskah pidato Menteri Pemuda dan Olahraga menekankan tentang makna peringatan HSP.

“Peringatan Hari Sumpah Pemuda adalah upaya kita menghadirkan sejarah masa lalu untuk direnungkan, dipelajari, ditemukan kristalisasi pembelajaran kebaikan untuk dijadikan teladan dan inspirasi penggerak langkah menuju visi bangsa yang besar,” katanya.

Dengan semangat bersatu dan persatuan, Kepala Divisi Imigrasi Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Sulawesi Selatan mengajak seluruh jajaran Lapas Palopo, Bapas Palopo dan Imigrasi Palopo khususnya para pemuda Indonesia nantinya akan jadi pelopor yang merekatkan persatuan nasional di tengah keberagaman. (rls)

ADVERTISEMENT