Hadapi Pemilu, Polres Palopo Gelar Operasi Mantap Brata

96
Kepolisian Resort (Polres) Kota Palopo menggelar Rapat koordinasi kesiapan Operasi Mantap Brata Tahun 2023-2024. Rapat lintas sektoral yang digelar dalam rangka menghadapi Pemilu 2024 itu dilaksanakan di Polres Palopo, Senin, 9 Oktober 2023.
ADVERTISEMENT

PALOPO–Kepolisian Resort (Polres) Kota Palopo menggelar Rapat koordinasi kesiapan Operasi Mantap Brata Tahun 2023-2024. Rapat lintas sektoral yang digelar dalam rangka menghadapi Pemilu 2024 itu dilaksanakan di Polres Palopo, Senin, 9 Oktober 2023.

Kapolres Kota Palopo dalam sambutan tertulisnya yang disampikan Wakapolres, Kompol Ridwan SH., mengungkapkan, satu hal yang penting dalam pesta demokrasi yaitu terpenuhinya hak-hak masyarakat dalam pelaksanaan pemilu yakni pemilihan pimpinan rakyat yang baik dan jujur serta terpilihnya calon anggota legislatif yang berkompeten sehingga pemilu ini menjadi pintu gerbang yang mewujudkan pemerintahan yang efektif guna mempercepat pembangunan dan meningkatkan kesejahteraan rakyat.

ADVERTISEMENT

“Melalui rakor ini kita dapat menginventarisir berbagai permasalahan dan mengevaluasi kinerja serta sharing informasi dan pengalaman sehingga diharapkan dapat menghasilkan kerjasama untuk memperbaiki segala kekurangan yang ada dengan berpegang teguh pada prinsip koordinasi, integrasi, sinkronisasi dan bersinergi dalam pelaksanaan tugas”, ungkap Wakapolres.

Sementara itu, Pj Wali Kota Palopo dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan Kepala Badan KesbangPol Kota Palopo, Hasta Bulu, menyampaikan bahwa Pemkot Palopo sangat mengapresiasi rakor pemilu yang digelar karena mempunyai makna strategis sebagai upaya untuk lebih memantapkan koordinasi dan sinergitas pelaksanaan tugas serta mengevaluasi hubungan penyelenggaran tahapan pemilu tahun 2024 antara penyelenggara dan pengawas pemilu dengan pemerintah daerah, aparat keamanan dan penegak hukum dalam mendukung kelancaran dan suksesnya penyelenggaraan tahapan pemilu 2024.

Lanjutnya, melalui rakor kesiapan pemilu 2024, kita mewujudkan dan mensukseskan pemilu damai, aman dan demokratis.

“Oleh karena itu maka menjadi keutamaan dalam rakor ini adalah bagaimana membangun pemahaman persepsi dan koordinasi untuk sinergitas dalam melahirkan penyelenggaran pemilu tahun 2024 yang aman, damai dan demokratis”, ungkapnya.

Dengan pemilu yang aman damai dan demokratis ini, diharapkan menghindari terjadinya transaksi politik dan atau politik uang karena hal ini dapat menimbulkan persepsi buruk bagi masyarakat. Tahapannya sudah berjalan, dan pemilu semakin dekat, karena itu kita harus pastikan kesiapan kita dalam menyongsong pemilu berjalan dengan baik”, jelasnya.

Hadir pada rakor itu, Wakapolres Palopo, kompol Ridwan SH., Kepala Badan Kesbang Politik dan Perlindungan Masyarakat (Kesbangpol linmas), Kasdim 1403/Palopo, Kasi Intel Kejari Palopo, Perwakilan Pengadilan Negeri Palopo, sejumlah Perwira Polres Palopo, Perwakilan KPU, Bawaslu, Panwascam, dan undangan lainnya. (*)

 

ADVERTISEMENT