Hadiri Pelatihan Dosen Pembimbing, Rektor IAIN Palopo : Temukan Ide Kreatif yang Bakal Diterapkan Mahasiswa di Tempat KKN

70
Rektor IAIN Palopo, Prof Abdul Pirol menghadiri pelatihan dosen pembimbing KKN. (Foto : Ayub Sadega)
ADVERTISEMENT

PALOPO — Rektor IAIN Palopo, Prof Dr Abdul Pirol, menghadiri pelatihan dosen pembimbing KKN pemberdayaan masyarakat, di Hotel Agro Wisata Palopo, Sabtu (21/5/2022).

Kegiatan itu bertujuan menemukan inovasi baru pada pelaksanaan KKN dan menyatukan persepsi tugas dan fungsi dosen pendamping mahasiswa KKN. Pelatihan tersebut berlangsung selama dua hari, terhitung mulai tanggal 21 hingga 22 Mei 2022.

Rektor IAIN Palopo dalam sambutannya mengatakan, dalam kegiatan ini diharapkan para dosen memiliki kompetensi dalam membimbing serta mampu dalam pemberdayaan masyarakat.

“Output dari sini, para dosen dapat memberi ide-ide kreatif kepada mahasiswa kita, memiliki keterampilan sehingga memberi inovasi pemberdayaan yang berkelanjutan di masyarakat tempat mahasiswa KKN,” tegas Abdul Pirol.

ADVERTISEMENT

Dalam kesempatan sama, Dr Kaharuddin, selaku Ketua LP2M IAIN Palopo, dalam pemaparannya menjelaskan model-model dan jenis KKN yang ada di IAIN Palopo, diantaranya, KKN reguler yang digelar dua kali dalam setahun, KKN Nusantara kolaborasi dengan PTKIN di Indonesia.

“Selain dari KKN tersebut di atas ada juga model KKN lain yang sementara dikembangkan oleh IAIN Palopo, yakni KKN 3T, KKN Internasional, KKN Kerja Sosial (KS), KKN Dari rumah (DR), KKN integrasi PLP, KKN tematik, KKN profesi dan KKN kampus merdeka,” tuturnya.

Diketahui, narasumber pelatihan yang digelar selama dua hari ini, Prof Dr Abdul Pirol, Musran Andi Muchsin, selaku fungsional penggerak swadaya masyarakat ahli madya DPMD Provinsi Sulawesi Selatan dan Dr Kaharuddin. (ayb)

ADVERTISEMENT