Hadiri Peringatan HAI ke-54, Thahar Rum Ajak Berantas Buta Aksara di Luwu Utara

170

LUTRA – Wakil Bupati Luwu Utara, Muhamamd Thahar Rum, mengajak seluruh stakeholder dan masyarakat Luwu Utara lainnya untuk ikut memberantas buta aksara di Kabupaten Luwu Utara.

Ajakan ini ia disampaikan usai menghadiri Peringatan Hari Aksara Internasional (HAI) ke-54 di Lapangan Karebosi, Makassar, Sabtu (7/9/2019). Sekadar diketahui, Peringatan HAI ke-54 kali ini dipusatkan di Provinsi Sulawesi Selatan.

“Kami terus berupaya terlibat di dalam menekan angka buta aksara sekaligus memberantas buta aksara di Kabupaten Luwu Utara,” kata Thahar.

Tidak hanya di Luwu Utara, Thahar juga memberikan apresiasi serta mendukung komitmen Provinsi Sulawesi Selatan terhadap upaya di dalam penuntasan buta aksara di Sulsel.

“Menjadi kewajiban kita semua untuk bersama-sama mendukung upaya pemberantasan buta aksara di Sulsel,” katanya.

Sebelumnya, Gubernur Sulsel, Nurdin Abdullah, mengatakan bahwa persoalan buta aksara di Sulsel, adalah hal yang terpenting untuk segera diberantas. Untuk itu, kata dia, dibutuhkan komitmen bersama dalam memberantas buta aksara di Sulsel.

“Mari kita bersama-sama mengambil peran di dalam mengentaskan buta aksara di daerah kita. Tentu ini dimulai dari diri sendiri, kemudian dari keluarga kita sendiri,” kata Nurdin.

Sementara itu, Mendikbud Muhadjir Effendy, tak lupa memberikan ucapan terima kasih kepada seluruh pihak yang telah berhasil menekan angka buta aksara dari 2,07% menjadi lebih rendah lagi, yaitu 1,93%.

“Mulai hari ini saya mengajak kepada seluruh komponen masyarakat Indonesia untuk bahu-membahu memberantas buta aksara,” tegas Muhadjir. Peringatan kali ini mengambil tema ‘Ragam Budaya dan Literasi Masyarakat’. (lh/liq)