Hadiri Pesta Rakyat di Bastem, Basmin Mattayang: Pertahankan Semangat Perjuangan 45

78
Bupati Luwu, DR H. Basmin Mattayang menyampaikan sambutan saat membuka acara pesta rakyat dalam rangka menyambut Hari Ulang Tahun Ke-77 Kemerdekaan Republik Indonesia tingkat kecamatan Bastem.
ADVERTISEMENT

BELOPA–Ratusan masyarakat Kecamatan Bassesangtempe (Bastem), Kabupaten Luwu, sangat antusias menyambut kedatangan Bupati Luwu, Dr H Basmin Mattayang beserta rombongan di Desa Mappetajang, Sabtu (6/8/2022) lalu.

Kedatangan orang nomor satu di Pemerintahan Kabupaten Luwu tersebut untuk menghadiri acara pesta rakyat dalam rangka menyambut Hari Ulang Tahun Ke-77 Kemerdekaan Republik Indonesia tingkat kecamatan Bastem

ADVERTISEMENT

Turut dalam rombongan Bupati, Ketua DPRD Luwu, Rusli Sunali, Ketua DPD KNPI Sulsel, H Muhammad Arham Basmin dan sejumlah Kepala OPD. Rombongan disambut oleh Camat Bastem, Syamsudding beserta para tokoh adat, tokoh agama, tokoh masyarakat dan 12 Kepala Desa se Kecamatan Bastem

Mengawali sambutannya, Bupati Basmin menyampaikan apresiasi dan penghargaan kepada seluruh masyakat Kecamatan Bastem, terkhusus Camat dan Kepala Desa Mappetajang.

“Atas nama Pemerintah Kabupaten Luwu, saya memberikan apresiasi kepada Camat Bastem bersama masyarakatnya yang menggagas kegiatan ini terkhusus lagi kepada Kades Mappetajang beserta keluarganya yang menghibahkan tanahnya untuk dibuat lapangan sepakbola dan gedung olahraga,” ujar Basmin Mattayang.

Pada kesempatan tersebut, Basmin Mattayang mengajak masyarakat Kecamatan Bastem, kegiatan pesta rakyat dalam rangka menyambut HUT Ke-77 Kemerdekaan RI ini agar dijadikan momen untuk mengenang perjuangan dan pengorbanan para pahlawan bangsa “Semangat perjuangan tersebut kemudian kita pertahankan untuk mengisi kemerdekaan ini, kapanpun dan dimanapun kita berada,” katanya.

Menurutnya, untuk mengisi kemerdekaan ini, masing-masing telah memiliki peran. Bagi Kepala Desa dan camat, harus mampu memimpin masyarakatnya dengan memberikan pelayanan secara optimal bukan untuk dilayani terlebih lagi mencari keuntungan. “Demikian halnya dengan para guru, ciptakan sumber daya manusia yang unggul sebagai bekal menghadapi tantangan perkembangan zaman memasuki era digitalisasi,” ujar bupati bergelar akademik doktor ini.

Sementara itu, Camat Bastem Syamsudding melaporkan, pesta rakyat akan berlangsung mulai tanggal 6-17 agustus 2022 dengan melaksanakan berbagai macam lomba, seperti sepakbola, bulutangkis, bola volly, sepak takraw dan lomba seni gora-gora tongkon

“Kegiatan ini diikuti oleh 12 desa yang ada di Kecamatan Bastem, 9 SD, 3 SMP dan 1 SMA. Kegiatan lomba juga akan dibarengi dengan kegiatan pemeriksaan kesehatan gratis bagi masyarakat yang dilaksanakan oleh UPT Puskesmas Bastem,” katanya. (mat)

ADVERTISEMENT