Hadiri Sosialisasi Puskesos-SLRT, Wakil Bupati Luwu Utara : Semua Keluhan Masyarakat Bisa Terlayani dengan Baik

30
Wakil Bupati Luwu Utara, Suaib Mansur menghadiri Sosialisasi Puskesos-SLRT Luwu Utara, Rabu (16/11/2022). Kegiatan itu berlangsung di Aula Kantor Camat Baebunta. (Foto : Dok. Pemkab Luwu Utara)
ADVERTISEMENT

LUWU UTARA — Wakil Bupati Luwu Utara, Suaib Mansur menghadiri Sosialisasi Puskesos-SLRT Luwu Utara, Rabu (16/11/2022). Kegiatan itu berlangsung di Aula Kantor Camat Baebunta.

Puskesos merupakan layanan Sosialiasasi Pusat Kesejahteraan Sosial. Di mana puskesos ini sendiri dibangun dengan tujuan untuk memudahkan warga atau fakir miskin untuk mendapatkan perlindungan sosial serta lepas dari kemiskinan.

ADVERTISEMENT

Pada kesempatan itu, Suaib Mansur menjelaskan pihaknya berusaha merumuskan satu cara atau metode untuk menuntaskan kemiskinan dalam rangka meningkatkan kesejahteraan sosial.

“Oleh karena itu, kita memerlukan Satu sistem yang mampu untuk melayani menerima keluahan dan merujuk masyarakat menerima kesejahteraan sosial ke pihak-pihak yang terkait untuk mengefesienkan, itulah mengapa dibutuhkan Puskesos ini,” kata Suaib Mansur.

“Kita berharap setelah sosialisasi ini, warga tidak terbebani lagi untuk mengajukan masalahnya. Walaupun mereka tidak mengajukan masalahnya pemerhati sosial atau pendamping kita di setiap desa ketika menemukan masalah- masalah seperti itu yang didatangi pertama adalah Puskesos,” sambungnya.

Suaib menuturkan, setelah pengaduan masuk ke Puskesos, tidak berhenti sampai disitu tapi dilanjutkan kepada pihak yang berwenang untuk menanganinya. Puskesos harus mampu memberikan rujukan kepada korban atau menghubungi dinas terkait bahwa ada pasien yang harus diurus kemudian dituntaskan sampai sembuh.

“Jadi kita tidak boleh bekerja setengah-setengah karena masalah seperti ini tidak pernah habis. Apapun itu masalah yang dihadapi masyarakat kita harus layani dan harus ditindaklanjuti,” ujarnya.

“Itulah tugas kita sebagai pemerintah, Kalau kita tidak peduli maknanya kita tidak melaksanakan tugas kita dengan baik. Kita berharap dengan adanya Puskesos-SLRT ini semua keluhan masyrakat kita terlayani dengan baik. Yang paling penting adalah mulai saat ini tidak ada lagi masyarakat kita yang menderita sesuatu yang butuh layanan tapi kita tidak layani,” pungkasnya. (rls)

ADVERTISEMENT