Hanya 6 Guru Dari Sulsel, Utusan SMPN 9 Palopo Ikuti PPG di Jakarta

905

PALOPO – Rizna Aziz kembali membuktikan diri sebagai guru berprestasi yang dimiliki SMPN 9 Palopo. Dia tercatat sebagai salah satu guru yang lolos pretes untuk mengikuti Pendidikan Profesi Guru (PPG) dalam jabatan tahun 2018, yang bertempat di Universitas Negeri Jakarta (UNJ), Jakarta.

Dia merupakan salah satu dari 6 guru yang berhasil lolos pretes ekonomi tingkat Sulsel. Selama 2 setengah bulan Rizna akan mengikuti PPG bersama perwakilan guru ekonomi se-Indonesia.

“Sejak 1 Oktober kemarin mulai diklat PPG. Sebenarnya waktu yang dibutuhkan itu 5 bulan, tapi saya sudah melalui tahapan pembelajaran daring (dalam jaringan) secara online selama 3 bulan waktu saya belum berangkat ke Jakarta,” ujar Rizna.

Rizna menjelaskan PPG Dalam Jabatan adalah sistem pemerintah agar para guru bisa mendapatkan sertifikat pendidik sebagai guru profesional.

“Jadi PPG ini merupakan syarat yang harus dipenuhi guru agar mendapatkan sertifikat pendidik tadi,” tegasnya.

Lanjut, guru ekonomi itu, sistem PPG tahun 2018 mengalami perubahan. “Sistem sertifikasi tahun ini berubah, kalau sekarang yang ikut PPG harus biaya mandiri, karena yang disubsidi pemerintah hanya uang pendidikan, kalau tahun tahun sebelumnya gratis 100 persen,” katanya.

Hanya saja, peserta PPG menanggung sendiri biaya konsumsi, transportasi termasuk akomodasi selama mengikuti PPG tersebut. Kendati demikian, Rizna bersyukur dan berharap agar PPG yang diikutinya tetap berjalan baik dan lancar hingga hari terakhir. (apl/liq)