Hari Anti Korupsi Sedunia 2019, Kajari Luwu Prioritas Tindakan Pencegahan

192

BELOPA – Hari Anti Korupsi (HAK) Sedunia diperingati Kejaksaan Negeri Luwu di lapangan upacara kantor Kejaksaan Negeri Luwu, Belopa, Senin (9/12/2019).

Selain Jajaran Kejaksaan Negeri Luwu, upacara ini diikuti pula oleh beberapa siswa-siswi dari SMA Negeri 3 Luwu, SMA Negeri 7 Luwu, SMA Negeri 13 Luwu, SMA Negeri 11 Luwu, SMA Negeri 18 Luwu dan SMKS Batara Panrita.

Kepala Kejaksaan Negeri Luwu, Erny Veronica Maramba bertindak selaku inspektur upacara membacakan amanat Jaksa Agung RI. Dalam amanat tersebut Jaksa Agung menginstruksikan agar secara bersama-sama seluruh elemen masyarakat melakukan pencegahan korupsi dan pemberantasan korupsi.

“Peringatan Hari Anti Korupsi Sedunia Tahun 2019 kali ini mengambil tema ‘Bersama Melawan Korupsi, Mewujudkan Indonesia Maju’ Tema yang relevan untuk semakin meneguhkan kembali komitmen dan tanggung jawab bersama untuk saling bahu membahu dalam proses penegakan hukum pencegahan dan pemberantasan korupsi guna memajukan Indonesia,” ucap Erny Veronica Maramba.

Menurut Kajari Luwu, dalam melaksanakan tugas sebagai penegak hukum, pihak Kejaksaan Negeri Luwu lebih mengutamakan tindakan pencegahan. Namun, jika sudah terindikasi adanya penyalahgunaan dan tindakan korupsi maka dirinya tidak segan-segan untuk melakukan penegakan hukum sesuai aturan yang berlaku.

“Momen penting ini merupakan saat yang baik untuk kita bersama-sama melakukan introspeksi dan evaluasi, guna mendorong perbaikan kualitas kerja kita dalam upaya rnewujudkan pencegahan dan pemberantasan korupsi yang dapat memenuhi ekspektasi terciptanya ” Indonesia Maju” yang bersih dan bebas dari korupsi,” kata Erny Veronica Maramba

Peringatan HAK sedunia 2019 dirangkaikan pula dengan penyerahan hadiah berupa uang pembinaan kepada para pemenang lomba pidato yang dilaksanakan oleh Kejaksaan Negeri Luwu beberapa hari lalu. (Iys)