Hari Pertama, Belum Ada Parpol Daftar Calegnya di KPU Palopo

746

PALOPO — Hari pertama pendaftaran calon legislatif (Caleg) di KPU Palopo, berlangsung sepi. Belum ada satupun parpol yang mendaftarkan calegnya. KPU membuka pendaftaran caleg mulai 4 Juli hingga 17 Juli mendatang. ” Sampai sore ini belum ada yang mendaftar. Mungkin parpol masih mempersiapkan berkas dan persyaratan calegnya. Ini kan baru hari pertama. Kita tunggu hari berikutnya,” kata anggota KPU Palopo, Syamsul Alam, Rabu (04/07/2018) sore.

Setelah berkas diterima lanjut Samsul Alam, pihaknya akan melakukan verifikasi berkas, kelengkapan dan keabsahan dokumen yang disetor oleh partai. Jika ada kekurangan KPU akan mengembalikannya untuk dilakukan perbaikan. Masa perbaikan atau kelengkapan berkas pada 22 Juli hingga 31 Juli.

” Setelah itu, kami akan mengumumkan ke masyarakat caleg yang mendaftar untuk dimintai tanggapan atau sanggahan. Ini penting untuk mengetahui rekam jejak caleg tersebut. Misalnya, soal ijazah dan lainnya,” katanya. Setelah diteliti laporan masyarakat maka KPU melakukan penetapan Daftar Caleg Tetap (DCT). (suf/adn)