Harkitnas Ke-115, Kadishub Palopo: Wujudkan Kebangkitan Bangsa dari Krisis Global

104
ADVERTISEMENT

PALOPO – Pemerintah Kota (Pemkot) Palopo menggelar Upacara Peringatan Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) ke-115 tahun 2023. Upacara itu dipimpin Kepala Dinas Perhubungan (Kadishub), Andi Muzakkir, di halaman kantor Walikota palopo, Senin (23/05/2023).

Upacara peringatan Harkitnas ini diikuti unsur Forkopimda Kota Palopo, Pimpinan Perangkat Daerah, Camat dan Lurah dan Pejabat Fungsional Lingkup Pemkot Palopo.

ADVERTISEMENT

Dalam amanatnya, Andi Muzakkir membacakan naskah pidato Kementerian Komunikasi dan Informatika RI pada peringatan harkitnas ke-115 tahun 2023. Dimana Seratus lima belas tahun lalu, bara persatuan Indonesia sebagai negara mulai menyala.

Hal ini ditandai dengan meleburnya berbagai gerakan perjuangan yang bersifat kedaerahan menjadi satu barisan yang utuh dengan didirikannya Boedi Oetomo pada tanggal 20 Mei 1908, oleh dr Soetomo bersama para mahasiswa School tot Opleiding van Indische Arisen (STOVIA).

Boedi Oetomo berdiri untuk mendorong bangsa Indonesia mengejar ketertinggalannya dari bangsa lain di masa itu. Peringatan Harkitnas sebagai langkah untuk memperingati perjuangan tersebut.

“Kementerian, Lembaga, Pemerintah Daerah, sektor swasta, akademisi, pers, komunitas, dan seluruh elemen bangsa saling bahu-membahu berkolaborasi menerapkan nilai-nilai persatuan juga kesatuan dalam mewujudkan kebangkitan bangsa kita dari berbagai krisis global, baik kesehatan, perekonomian, hingga geopolitik sekalipun,” katanya.

“Tentu kita berharap agar capaian-capaian ini dapat kita pertahankan dan terus tingkatkan demi kesejahteraan masyarakat serta kemajuan bangsa Indonesia,” tambahnya.

Selain merayakan berbagai capaian bangsa Indonesia, Harkitnas juga dimaknai sebagai bentuk rasa syukur atas segala langkah kemajuan, perbaikan, atau bahkan pelajaran yang didapatkan dari perjuangan yang telah dilakukan.

“Kami mengajak seluruh komponen bangsa untuk terus mempertahankan bara api semangat kebangkitan nasional. Sembari merapatkan barisan perjuangan kita dengan menunjukkan kerja keras, kerja cerdas, juga kerja bersama demi kemandirian dan kemajuan bangsa yang berkelanjutan,” pintanya.

“Kita juga ingin agar bara api semangat kebangkitan yang kita jaga saat ini dapat menjadi lentera penerang harapan. Sekaligus penunjuk jalan bagi perjuangan generasi penerus bangsa kelak,” pungkasnya. (*)

ADVERTISEMENT