Hasil Rakor RKPD Palopo : Musrenbang Dilaksanakan Januari 2022

118
Bappeda Palopo menggelar Rapat Koordinasi Pelaksanaan Musyarawah Perencanaan pembangunan (Musrenbang) Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Kota Palopo Tahun 2023. Kegiatan itu dilakukan di ruang rapat Bappeda Palopo, Selasa (21/12/2021). (Foto : Dok. Bappeda Palopo)
ADVERTISEMENT

PALOPO — Bappeda Palopo menggelar Rapat Koordinasi Pelaksanaan Musyarawah Perencanaan pembangunan (Musrenbang) Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Kota Palopo Tahun 2023. Kegiatan itu dilakukan di ruang rapat Bappeda Palopo, Selasa (21/12/2021).

Selain di hadiri Kepala Bappeda Palopo, Raodahtul Jannah Musrenbang itu juga dihadiri Asisten I, Kabag Pemerintahan dan Camat se-kota Palopo. Pada rapat tersebut Kepala Bappeda Palopo, Raodahtul Jannah, mengatakan bahwa Permendagri Nomor 86 Tahun 2017 mengamanatkan Camat melaksanakan Musrenbang RKPD Kabupaten/Kota setelah berkoodinasi dengan Bappeda Kabupaten/Kota.

ADVERTISEMENT

“Jadi berdasarkan Permendagri Nomor 86 Tahun 2017 bahwa camat melaksanakan musrenbang setelah melaksanakan Koordinasi dengan Bappeda Kabupaten/ Kota,” katanya.

“Musrenbang RKPD Kabupaten/Kota di Kecamatan bertujuan untuk penajaman, penyelarasan, klarifikasi dan kesepakatan usulan rencana kegiatan pembangunan kelurahan yang diintegrasikan dengan prioritas pembangunan Daerah di Wilayah Kecamatan,” lanjutnya.

Selain itu dia juga mengatakan bahwa pertemuan tersebut bertujuan untuk menyampaikan kepada para Camat terkait pelaksanaan tahapan Musrenbang. “Pertemuan hari ini untuk membahas tahapan Musrenbang RKPD Kota Palopo Tahun 2023 di tingkat kelurahan dan Kecamatan,” ungkapnya.

Sebelum dilaksanakan Musrenbang, Bappeda Kota Palopo akan melaksanaan coaching clinic bagi seluruh Admin Sistem Informasi Pemerintahan Daerah (SIPD) Kelurahan dan Kecamatan.

Rapat Koordinasi disepakati pelaksanaan musrenbang kelurahan akan dilaksanakan pada tanggal 10-14 Januari 2022, sedangkan Musrenbang Kecamatan pada Tanggal 31 Januari-3 Februari 2022. Hasil kesepakatan usulan prioritas Musrenbang di kelurahan akan diinput melalui aplikasi SIPD. (hwn/liq)

ADVERTISEMENT