Hasil Swab 13 Tenaga Kesehatan di Tator Bersama 1 OTG Negatif

118
ADVERTISEMENT

MAKALE–Media Center Satgas Covid-19 Tana Toraja kembali mengumumkan hasil pemeriksaan Real time Polymerase Chain Reaction (PCR) Swab yang diterima RSUD Lakipadada dari Balai Besar Laboratorium Kesehatan Provinsi Sulawesi Selatan, Kamis (23/4/2020).

Siapa Kandidat Pasangan Calon Bupati/Wakil Bupati Luwu Timur 2020-2025 Pilihan Anda ?
1. Irwan Bachry Syam-Andi Muhammad Rio Pattiwiri Hatta (Ibas-Andi Rio)
2. HM Thoriq Husler-Budiman Hakim (MTH Berbudi)
Dibuat Oleh Seruya Poll

Sesuai pengumuman tersebut, sebanyak 14 sampel Swab yang diterima RSUD Lakipadada semuanya dinyatakan negatif atau tidak terinfeksi covid-19. Sebanyak 14 sampel tersebut hasil Rapid Test positif.

Adapun 14 sampel swab yang diumumkan tersebut, sebanyak 13 diantaranya adalah tenaga kesehatan dan 1 orang tanpa gejala. “Sebanyak 14 orang ini, termasuk 13 tenaga medis ini sebelumnya telah dikarantina di RSUD Lakipadada karena hasil rapid testnya positif. Namun, dengan adanya hasil swab negatif, maka mereka akan dipulangkan,” dr Syafari Mangopo, juru bicara tim Gugus Pemkab Tana Toraja.

14 Sampel Swab yang dinyatakan negatif covid-19 tersebut, di antaranya 2 orang tenaga kesehatan dari PKM Rembon, 4 orang tenaga kesehatan dari PKM Rantetayo, 1 orang tenaga kesehatan dari PKM Kondoran, 3 orang tenaga kesehatan dari PKM Bittuang, 2 orang tenaga kesehatan dari PKM Ulusalu, 1 orang tenaga kesehatan dari PKM Kurra dan satu orang lainnya adalah orang tanpa gejala (OTG).

ADVERTISEMENT

dr Syafari Mangopo menjelaskan orang yang dinyatakan positif rapid test belum tentu positif Covid-19, sehingga yang menentukan seseorang terinfeksi Covid-19 harus berdasarkan pemeriksaan Gold Standar WHO yaitu RT PCR melalui Swab. Sampai saat ini rujukan pemeriksaan sampel PCR dari RSUD Lakipadada dikirim ke BBLK Makassar milik Kementerian Kesehatan RI.

Rapid test atau tes cepat dilakukan dengan mengambil sampel darah untuk mengetahui adanya reaksi antibodi di tubuh peserta tes. Hasil positif pada rapid test menandakan bahwa ada reaksi tubuh terhadap masuknya infeksi virus.

ADVERTISEMENT
Siapa Kandidat Pasangan Calon Bupati/Wakil Bupati Luwu Utara 2020-2025 Pilihan Anda ?
1. Arsyad Kasmar-Andi Sukma (AKAS)
2. Indah Putri Indriani-Suaib Mansur (IDAMAN)
3. Thahar Rum-Rahmat Laguni (MATAHARI)
Created with Seruya Poll

Untuk memastikan pasien terinfeksi atau tidak dengan Covid-19, maka perlu dilakukan pengambilan sampel Swab untuk selanjutnya dilakukan pemeriksaan melalui RT PCR Test, dan selama menunggu hasil PCR maka orang tersebut harus menjalani isolasi mandiri. (*/tari)

ADVERTISEMENT