Hasil Swab Anak dan Istri Penjual Gorengan di Rampoang Palopo, Dinyatakan Negatif

5026
ADVERTISEMENT

PALOPO – Tim Gugus Tugas Kota Palopo, juga sudah melakukan kontrak tracing terhadap 11 orang yang memiliki kontak erat dengan pasien positif corona berinisial, AI, yang terdiri dari 6 anggota keluarga sang penjual gorengan, dan 5 tetangganya.

Dimana dari hasil pemeriksaan swab terhadap enam keluarga AI, dinyatakan negatif virus corona.

ADVERTISEMENT

Hal tersebut dikatakan oleh Jubir resmi Pemerintah Kota Palopo bagi penanganan Covid-19, Ishak Iskandar saat dihubungi via telepon, Rabu malam 24 Juni 2020.

“Sudah dilakukan swab test terhadap 3 anak, 1 istri dan dua ponakan Bapak AI (penjual gorengan), begitu juga dengan 5 tetangga AI, sudah kami Rapid Test. Enam keluarga AI negatif,” ucapnya.

ADVERTISEMENT

Lebih lanjut Jubir, 1 orang tetangga AI dinyatakan reaktif dan ditengarai terpapar Covid-19, yakni perempuan berusia 42 tahun berinisial Sur. Sedangkan, keempat tetangga AI lainnya dinyatakan negatif (non reaktif).

“Ibu Sur (42) besok akan kita ambil swab test untuk memastikan apakah dia benar terpapar Covid-19 atau tidak, besok jam 9 pagi di Labkesda Palopo rencananya, untuk sementara dia kita karantina di rumah dengan pengawasan super ketat,” imbuh dokter umum yang mantan Kadis Kesehatan Palopo itu.

Diketahui sebelumnya, pasien berinisial AI (51 tahun), sesuai KTP, adalah warga Desa Mulyorejo, Kecamatan Sukamaju, Kabupaten Luwu Utara.

Namun, sudah hampir setahun terakhir, AI berdomisili di Kota Palopo dan berjualan gorengan di samping salah satu SD di wilayah Rampoang, Kelurahan Rampoang, Kecamatan Bara, Kota Palopo.

Juru bicara tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Palopo, dr Ishak Iskandar, mengatakan, AI dinyatakan positif corona sesuai hasil pemeriksaan TCM atau Tes Cepat Molekuler di RSUD Sawerigading Palopo, Selasa (23/6/2020) kemarin.

Pemeriksaan TCM atau Tes Cepat Molekuler, salah satu cara mendeteksi seseorang terpapar virus corona atau covid-19. Pemeriksaan TCM ini menggunakan dahak dengan amplifikasi asam nukleat berbasis cartridge. Tes ini akan mengidentifikasi RNA pada virus corona pada mesin yang menggunakan cartridge khusus yang bisa mendeteksi virus ini. (Sya)

ADVERTISEMENT