Hayarna Hakim Raih Apresiasi Bunda PAUD Tingkat Nasional

40
ADVERTISEMENT

JAKARTA — Bunda Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Kabupaten Luwu, Dr. Hj. Hayarna Hakim, SH., M.Si meraih Apresiasi Bunda PAUD Tingkat Nasional Tahun 2023 kategori Kebupaten/Kota Daerah Non-Tertinggal dari Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbud Ristek) Republik Indonesia.

Apresiasi Bunda PAUD tersebut diberikan atas kinerja dan kepedulian yang tinggi dalam mendukung Gerakan Transisi PAUD ke SD yang Menyenangkan. Hayarna mengungkapkan kepada Tim Media Center Dinas Kominfo-SP Luwu bahwa apresiasi yang diraih tidak terlepas dari dukungan dan kerjasama berbagai komponen dalam upaya meningkatkan kualitas pendidikan anak usia dini.

ADVERTISEMENT

“Alhamdulillah, upaya kita dalam meningkatkan kualitas pendidikan diapresiasi Kemendikbud. Terima kasih semua stakeholder yang terlibat,” ujar Hayarna usai menerima apresiasi di Mercure Convention Center Jakarta, Rabu (8/11/2023). Lebih lanjut sosok pendamping Bupati Luwu ini menjelaskan dalam mempersiapkan generasi emas, dimulai dari pendidikan karakter yang dibentuk sejak dini.

“Masa transisi PAUD ke SD harus menyenangkan, agar anak merasa aman dan nyaman saat bersekolah. Tidak boleh lagi anak malas kesekolah karena takut dan lain sebagainya,” jelas Hayarna. Sementara itu, Kepala Bidang PAUD Dan PNF Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Luwu, Hendra yang turut mendampingi penerimaan apresiasi tersebut menjelaskan telah menggelar sosialisasi gerakan transisi PAUD ke SD yang menyenangkan di tiap kecamatan.

“Bersama Bunda PAUD kita telah lakukan sosialisasi di tiap kecamatan dan tidak lagi mensyaratkan kemampuan calistung untuk masuk jenjang sekolah dasar,” ujar Hendra. Sebagai informasi, apresiasi Bunda PAUD Nasional adalah sebuah ajang apresiasi yang diselenggarakan oleh Kemendikbud di Indonesia. Ajang ini bertujuan untuk mengapresiasi peran dan kontribusi para Bunda PAUD dalam mendukung pendidikan anak usia dini di Indonesia.

Pada ajang Apresiasi Bunda PAUD Nasional ini, Kemendikbud memberikan penghargaan dan apresiasi kepada Bunda PAUD yang telah berhasil mengawal Gerakan Transisi PAUD ke Sekolah Dasar (SD) dengan cara yang bahagia dan menyenangkan. (*)

ADVERTISEMENT