HEADLINE KORAN SERUYA: 4 Pamong Senior Penuhi Syarat, Basmin Mattayang Tak Mau Gegabah Tentukan Sekda Luwu Defenitif

233
HEADLINE KORAN SERUYA: Edisi cetak KORAN SERUYA tanggal 3 Juni 2021
ADVERTISEMENT

BELOPA–Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Luwu saat ini sedang mancari orang yang tepat untuk mengisi jabatan Sekretaris Daerah (Sekda). Panitia seleksi telah mengumumkan dan menyurati calon lolos berkas administrasi, Rabu (2/6/2021).

Sebanyak empat birokrat senior di jajaran Pemkab Luwu diumumkan lolos berkas administrasi. Empat calon ini berhak mengikuti tahapan seleksi selanjutnya, yakni tes kompetensi yang akan diadakan di Makassar, tanggal 9-11 Juni mendatang.

ADVERTISEMENT

Keempat calon Sekda Luwu yang dinyatakan memenuhi syarat, sesuai pengumuman panitia seleksi Sekda Luwu, Rabu (2/6/2021), yakni Plt Sekda Luwu saat ini sekaligus Kepala BKPSDM Luwu, Drs H. Sulaiman, MM; Kepala BPKD Luwu, Dr. Moh. Arsal Arsyad, S.STP, M.Si; Kepala Bapenda Luwu Drs. Muhammad Rudi, M.Si; Asisten II Pemkab Luwu, Ahyar Kasim, SH.

Setelah pengumuman hasil seleksi administrasi 2-4 Juni, empat calon Sekda Luwu ini akan mengikuti seleksi kompetensi yang akan diadakan tanggal 9-11 Juni. Usai tes kompetensi, panitia seleksi akan menyampaikan hasil seleksi terbuka ke Komisi ASN tanggal 14 Juni, kemudian penyampaian hasil penilaian kepada pejabat pembina kepegawaian kabupaten Luwu pada tanggal 17 Juni. Tahapan berikutnya penetapan hasil seleksi pada 19 Juni, dan Sekda terpilih akan dilantik 22 Juni.

ADVERTISEMENT

Sekretaris BKPSDM Luwu sekaligus Ketua Panitia Seleksi, Andi Muhammad Ahkam Basmin, mengakui, sesuai hasil seleksi administrasi, dari empat PNS Luwu yang mendaftar, keempatnya dinyatakan memenuhi syarat untuk mengikuti tahapan seleksi selanjutnya. “Empat calon memenuhi syarat, sehingga berhak mengikuti tahapan seleksi kompetensi yang akan diadakan tanggal 9-11 Juni,” kata Ahkam Basmin, di Belopa, Rabu (2/6/2021).

Ahkam menegaskan, seleksi Sekda Luwu yang telah diumumkan secara terbuka kepada publik, akan berjalan sesuai jadwal. “Insya Allah, seleksi sesuai jadwal,” kata Ahkam.

ADVERTISEMENT

Bupati Luwu, Basmin Mattayang, dalam berbagai kesempatan, menyatakan, Pemkab Luwu sangat membutuhkan pejabat defenitif Sekda Luwu. Hal ini katanya, demi tercapainya target kepemimpinan serta beberapa akselerasi program di jajaran Pemkab Luwu bisa berjalan baik.

Diketahui, sejak Sekda Luwu Syaiful Alam pensiun 31 Juli 2019 lalu, jabatan Sekda Luwu diisi dua pejabat Plt sampai saat ini. Plt Sekda Luwu pertama dijabat Ridwan Tumbalolo per tanggal 1 Agustus 2019.

Selanjutnya, per tanggal 30 Desember 2020, Ridwan memasuki pensiun, sehingga Bupati Basmin menunjuk Kepala BKPSDM Luwu, H. Sulaiman menggantikan Ridwan sebagai Plt Sekda Luwu. Jabatan ini masih diemban H. Sulaiman hingga lelang terbuka jabatan Sekda Luwu dibuka secara umum.

Basmin berharap, melalui seleksi terbuka, Sekda Luwu terpilih nantinya bisa mengemban tugas dengan baik. “Jabatan Sekda akan sangat melekat dengan saya sebagai bupati. Maka itu, saya tidak akan gegabah dalam memutuskan siapa Sekda yang akan dipilih. Kita ikuti proses seleksi Sekda sesuai regulasi, kita serahkan ke Pansel. Setiao keputusan seleksi akan berdasar hasil uji kompeteni dan assesment,” katanya.

Sesuai regulasi, panitia seleksi nantinya akan mendorong 3 nama yang lolos seleksi ke bupati. Dari 3 nama, bupatiakan menunjuk 1 nama untuk diangkat sebagai sekda defenitif, namun sebelumnya dikonsultasikan dengan Komisi ASN. (***)

ADVERTISEMENT