Helikopter Jatuh di Perbukitan, Kapolda Jambi Patah Tulang Tangan

118
ADVERTISEMENT

JAKARTA — Kapolda Jambi Inspektur Jenderal Rusdi Hartono mengalami patah tulang pada bagian tangan akibat helikopter jenis Bell 412 SP yang membawanya dan jajaran jatuh di perbukitan Temiai, Kabupaten Kerinci, Provinsi Jambi, pada Ahad kemarin, 19 Februari 2023.

“ Tangan beliau mengalami luka. Semoga hari ini proses evakuasi bisa tuntas,” kata Kepala Divisi Humas Mabes Polri Inspektur Jenderal Dedi Prasetyo saat dihubungi, Senin, 20 Februari 2023 dikutip dari Tempo.co. Kendati mengalami luka, kondisi Kapolda Jambi dalam keadaan stabil. Tim evakuasi darat yang dipimpin Kapolres Kerinci Ajun Komisaris Besar Patria Yudha Rahadian sudah menemukan korban pada Senin pagi pukul 04.00 WIB.

ADVERTISEMENT

Dedi Prasetyo mengatakan tim evakuasi darat terdiri dari 12 orang sempat mengalami masalah saat perjalanan ke lokasi jatuh. Mereka masuk melalui jalur Desa Jembatan Payung, Kecamatan Batang Merangin, Kabupaten Kerinci, pada Minggu, 20 Februari 2023. “Sekira pukul 02.00 WIB, tim evakuasi mengalami trouble. Sebanyak tiga orang mengalami keram kali dan dilanjut sembilan orang menuju titik heli dan rombongan Bapak Kapolda yang saat itu jarak menuju lokasi 2 kilometer lagi,” kata Dedi.

Meski mengalami masalah, tim evakuasi darat akhirnya menemukan rombongan Kapolda Jambi dan langsung memberikan bantuan berupa Makanan Tambahan Polri (MTP), selimut, air, yang dikirimkan menggunakan helikopter Direktorat Kepolisian Perairan dan Udara Polda Jambi.

ADVERTISEMENT

Sementara itu, tim evakuasi udara yang dipimpin Wakil Komandan Satuan Brimob Polda Jambi Ajun Komisaris Besar Boi Sutan Binaga Siregar menuju lokasi evakuasi. Rencananya, korban akan dievakuasi sementara ke Rumah Sakit Sungai Penuh Kabupaten Kerinci terlebih dahulu sebelum diterbangkan ke rumah sakit di Kota Jambi.

Helikopter itu berangkat dari Kota Jambi menuju Kota Sungai Penuh untuk melaksanakan kunjungan Kerja pada pukul 09.25 WIB. Kapolda Jambi beserta rombongan terbang ke lokasi tersebut untuk meresmikan Kantor SPKT Polres Kerinci dan pengamanan kunjungan mantan wapres Jusuf Kalla di Kerinci. (*)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT