HM Djabir Berpulang, Pramuka Palopo Berduka

339
ADVERTISEMENT

PALOPO — HM Djabir salah seorang tokoh senior Pramuka kwartir cabang Palopo, meninggal dunia (26/10/2021) di Makassar. Purnawirawan polri itu akhirnya dimakamkan pada hari Rabu (27/10/2021) di TPU Salobulo-Kota Palopo. Dalam struktur kepengurusan Pramuka kwartir cabang Palopo, HM Djabir menempati posisi Wakabinawasa.

Bagi kader Pramuka Kota Palopo, meninggalnya HM Djabir adalah keduakaan yang sangat mendalam. Hal itu disampaikan Ir H Rahmat Masri Bandaso selaku Ketua kwarcab Pramuka Kota Palopo dalam sambutannya saat upacara pelepasan jenazah almarhum di kediamannya di jalan Veteran Palopo.

Menurutnya, HM Djabir adalah generasi pertama Pramuka Kota Palopo dan bahkan tana Luwu. “Kecintaan dan kebanggaannya terhadap gerakan Pramuka sangat kental dan sosok beliau sangat familiar dan akrab dikalangan kader Pramuka Kota Palopo,” ucap RMB saat melepas jenazah seraya menambahkan bahwa atas dedikasinya yang cukup besar pada organisasi kepramukaan, maka sebagai penghormatan jenazah almarhum dilepas dengan upacara secara kepramukaan.

Sementara itu, walikota Palopo HM Judas Amir yang turut hadir dalam kesempatan itu menyampaikan kehilangan sosok tauladan dan sahabat. Judas Amir mengungkapkan bahwa kontribusi HM Djabir sangat besar terhadap daerah ini bukan hanya di dunia kepanduan melainkan kegiatan sosial dan keagamaan.

ADVERTISEMENT

Dirinya mengajak semua untuk mengikuti jejak positif yang telah dilakukan oleh almarhum. Selain aktif di Pramuka, HM Djabir juga aktif sebagai pengurus masjid Al Hidayah Salolo-Palopo dan tercatat sebagai ketua komisi disiplin universitas Cokroaminoto Palopo. Dia meninggal pada usia 78 tahun karena sakit.

Di tengah ratusan pelayat yang tumpah ruah , turut hadir pada kesempatan itu sejumlah kepala dinas, para pejabat, tenaga pendidikan, rekan rekan almarhum dari Polri, ketua MUI kabupaten Luwu dan puluhan kader Pramuka. (rls)

ADVERTISEMENT