Husler Bakal Ajak Raja se-Nusantara ke Kampung Tak Kasat Mata di Luwu Timur

2225

LUTIM – Kedatuan Luwu terpilih menjadi tuan rumah Festival Keraton Nusantara (FKN) tahun ini. Berbagai persiapan sudah dilakukan pihak Kedatuan Luwu untuk mensukseskan event budaya tahunan bertaraf nasional tersebut. FKN menjadi sarana pertemuan atau silaturahmi para Raja atau Sultan se-Nusantara.

Pemerintah Kabupaten Luwu Timur sebagai bagian dari Kedatuan Luwu juga siap untuk mensukseskan kegiatan FKN ini. Hal itu disampaikan Bupati Luwu Timur, HM Thorig Husler kepada Sri Paduka Datu Luwu ke-40, Andi Maradang Mackulau Opu To Bau, di Istana Kedatuan Luwu Kota Palopo, Rabu (24/07/2019) malam.

Menurutnya, sebagai salah satu daerah di Tana Luwu, sudah sepantasnya Pemerintah Kabupaten Luwu Timur ikut ambil bagian untuk mensukseskan kegiatan ini. Apalagi Luwu Timur khususnya di Desa Ussu Kecamatan Malili memang banyak terdapat objek sejarah peninggalan kerajaan Luwu. Itu artinya, daerah ini juga akan banyak dikunjungi para Raja atau Sultan se-Nusantara pada FKN Tahun ini.

“Insya Allah, kami Pemerintah daerah siap untuk mensuksekan even FKN ini. Pemerintah daerah bersama panitia sudah menyiapkan berbagai acara penyambutan dan acara lainnya untuk memeriahkan festival budaya ini,” kata Husler.

“Salah satunya kami akan upayakan mengajak para Raja se-Nusantara untuk melihat langsung pulau Bulu Poloe atau pulau yang terbelah yang erat dengan kisah Sawerigading dari cerita I La Galigo, termasuk juga Bola Marajae atau kampung yang tak kasat mata,” tambahnya.

Sementara itu, Datu Luwu mengatakan, kunjungan para Raja atau Sultan se-Nusantara pada Festival Keraton Nusantara ini merupakan bentuk dukungan dan penghormatan terhadap Kedatuan Luwu.

“Saya sangat berharap dalam kunjungan para Raja se-Nusantara ini nantinya semua tamu merasa nyaman berada di Tana Luwu. Mari kita perlihatkan dan perkenalkan kearifan budaya masyarakat Tana Luwu kepada para tamu kita,” ungkap Datu Luwu.

Datu Luwu ke-40 juga menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada Pemerintah Daerah se-Tana Luwu yang telah berkomitmen untuk mendukung dan mensukseskan Festival Keraton Nusantara di Tana Luwu ini. (ikp/kominfo)