Husler Lepas Peserta Lomba Dayung Perahu Naga

140
ADVERTISEMENT

LUTIM – Bupati Luwu Timur, HM Thorig Husler melepas peserta lomba dayung perahu naga, Kamis (15/08/2019). Kegiatan tersebut digelar dalam rangka memeriahkan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-74 RI.

Lomba dayung perahu naga ini berlangsung di Sungai Malili, dengan titik start dari pelabuhan Syahbandar Malili dan finish di Jembatan Sungai Malili menghubungkan Kota Malili dengan Desa Wewangriu. Lomba dayung perahu naga menurunkan 2 perahu dalam setiap sekali lomba, dimana setiap regu beranggotakan 18 orang, masing-masing seorang penabuh gendang, 16 pendayung dan 1 orang juru mudi.

ADVERTISEMENT

Dalam sambutannya sesaat sebelum melepas peserta lomba perahu naga, Husler mengapresiasi atas semangat dan kerja keras panitia dan para peserta untuk memeriahkan lomba dayung perahu naga. Menurutnya, kegiatan ini merupakan agenda tahunan Dinas Pariwisata, Kebudayaan, Kepemudaan dan Olahraga (Disparbudmudora) serta Persatuan Olahraga Dayung Seluruh Indonesia (Podsi) Kabupaten Luwu Timur.

“Lomba ini, terkait dengan khasanah budaya dan kearifan lokal masyarakat yang ada di Kota Malili. Ini harus terus dipertahankan dan ditingkatkan untuk kegiatan di tahun mendatang sebagai salah satu kegiatan olahraga dan pariwisata,” tuturnya.

ADVERTISEMENT

Selain itu, Bupati meminta agar event ini dijadikan sebagai ajang silaturahmi antara peserta lomba dengan Pemerintah daerah.

Sementara Panitia Penyelenggara, Hamris Darwis dalam laporannya menyampaikan, jumlah peserta yang telah mendaftar pada di event sebanyak 28 tim yang terdiri dari perwakilan Kecamatan, sejumlah Organisasi Masyarakat dan perwakilan Desa/Kelurahan se Kecamatan Malili. Kegiatan ini berlangsung selama dua hari dan akan memperebutkan piala tetap serta uang pembinaan dengan total Rp. 52 juta bagi para juara.

ADVERTISEMENT

“Untuk Juara I berhak mendapatkan Rp. 20 juta untuk setiap tim, Juara 2 Rp. 15 juta, Juara 3 sebesar Rp. 10 juta dan Rp. 7 juta untuk juara 4,” kata Hamris merincikan. (ikp/kominfo)

ADVERTISEMENT