HUT TNI, Dandim Doakan Korban Gempa dan Tsunami Palu

754
Dandim 1403 SWG, Letkol M Imasfy memimpin upacara peringatan HUT TNI di Palopo, Jumat lalu.
ADVERTISEMENT

PALOPO — Kodim 1403 SWG menggelar upacara dalam rangka memperingati HUT TNI ke-73 di lapangan Gaspa Palopo, Jumat (5/10/18). Upacara dipimpin oleh Dandim 1403 SWG, Letkol M Imasfy.

HUT TNI Kali ini mengusung tema ‘Profesionalisme TNI Untuk Rakyat’. Dalam amanatnya, Dandim menyampaikan bahwa upacara ini dilaksanakan secara serentak dari sabang sampai merauke secara sederhana namun khidmat.

ADVERTISEMENT

“Pada kesempatan ini pula, marilah kita sejenak memanjatkan doa kepada Tuhan Yang Maha Kuasa agar meringankan beban yang menimpa saudara-saudara kita di Palu. Demikian pula beban yang masih diderita saudara kita di Lombok, semoga diberi kekuatan dan ketabahan dalam upaya memulihkan kembali kondisi sebagaimana sedia kala,” kata Dandim.

Oleh karenanya, lanjut Dandim tema singkat ini mengandung makna bahwa TNI yang senantiasa ditingkatkan profesionalismenya melalui berbagai pendidikan, latihan persenjataan, serta dipenuhi kesejahteraannya oleh negara adalah semata-mata untuk seluruh rakyat Indonesia.

Profesionalisme TNI dalam pelaksanaan operasi dan kegiatan-kegiatan serta latihan TNI dalam rangka menjalankan tugas pokok yaitu menegakkan kedaulatan negara, mempertahankan keutuhan wilayah, serta melindungi segenap bangsa dan seluruh tumpah darah Indonesia dari segala macam ancaman dan gangguan.

Sebagai alat negara, tugas TNI tidak lepas dari berbagai tantangan saat ini maupun di masa depan yang semakin kompleks. “Selain menghadapi kompleksitas tantangan ke depan, kita juga harus menghadapi gejolak alam yang terjadi akhir-akhir ini. Jadi TNI sebagai satuan yang siaga di masa damai, harus membantu pemerintah menanggulangi bencana yang terjadi di berbagai daerah,” tegasnya.

Masih kata Dandim, tugas lain yang tidak kalah pentingnya adalah membantu pemerintah dalam mengatasi aksi terorisme, penegakan hukum laut, pengamanan wilayah udara serta terlibat dalam pengamanan event-event strategis nasional dan internasional. Salah satu kuncinya adalah tekad TNI untuk terus menjaga persatuan dan kesatuan bangsa, serta menjadi benteng bagi keutuhan NKRI.

“Untuk itu saya akan memberikan penekanan-penekanan kepada seluruh prajurit TNI dimanapun berada untuk dipedomani dan dilaksanakan. Pertama, perkokohkan iman dan taqwa kita kepada Tuhan Yang Maha Esa karena kepadanyalah kita berserah diri dan mendapatkan kekuatan. Kedua, pertahankan dan tingkatkan Solidaritas TNI. Ketiga, tingkatkan kewaspadaan dan profesionalisme. Keempat, mantapkan netralitas TNI baik sebagai individu maupun satuan. Kelima, jalanilah setiap tugas secara ikhlas karena tugas kita adalah semata-mata untuk kepentingan bangsa dan negara,” tutup Dandim. Usai pelaksanaan upacara, dilakukan pelepasan bantuan logistik ke Palu-Donggala yang dikawala aparat TNI dan kepolisian. (asm)

ADVERTISEMENT