Ibas-Rio Tantang Incumbent di Pilkada Lutim, Sah Pakai Nomor 2

1216
Komisi Pemilihan Umum (KPU) Luwu Timur telah menetapkan duet Ibas-Rio sebagai pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Lutim 2020. Bahkan, KPU setempat telah memplenokan nomor urut duet Ibas- Rio, Selasa (6/10/2020).
ADVERTISEMENT

MALILI–Keraguan terhadap pasangan Irwan Bachry Syam dan Andi Rio Patiwiri Hatta maju Pilkada Lutra atau tidak akhirnya terjawab. Komisi Pemilihan Umum (KPU) Luwu  Timur telah menetapkan duet Ibas-Rio sebagai pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Lutim 2020. Bahkan, KPU setempat telah memplenokan nomor urut duet Ibas- Rio, Selasa (6/10/2020).

Sesuai hasil pleno KPU, duet diusung koalisi Partai Nasdem dan Partai Demokrat ini sah menggunakan nomor urut 2 (dua) sebagai paslon yang maju menantang duet incumbent, HM Thoriq Husler-Budiman.

ADVERTISEMENT

Saat menghadiri pleno KPU, Ibas-Rio kompak mengenakan kemeja putih. Mereka menumpangi Jeep Hummer warna hitam bertuliskan IBAS-RIO menuju Kantor KPU Lutim.
Selama proses penetapan nomor urut, pasangan Ibas-Rio didampingi Liaison officer atau narahubung, Baso Akbar.

KPU Luwu Timur menerapkan protokol kesehatan yang ketat, mengacu pada PKPU nomor 10 tahun 2020 tentang perubahan kedua atas PKPU no 6 tahun 2020. Regulasi tersebut tentang pelaksanaan pemilihan gubernur, wakil gubernur, bupati dan wakil bupati dan/atau walikota dan wakil walikota serentak lanjutan dalam kondisi bencana non alam Covid-19.

ADVERTISEMENT

“Bapak Irwan Bachri Syam dan Andi Muh Rio Patiwiri, dengan ini kami menyatakan sebagai pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Luwu Timur dengan nomor urut
2,” kata Ketua KPU Lutim, Zainal, memimpin pleno tersebut.

Dengan penetapan duet Ibas-Rio nomor urut 2, maka dipastikan Pilkada Lutim 2020 akan diikuti dua paslon, yaitu Thorig Husler-Budiman nomor urut 1 dan IBAS-RIO nomor urut 2. Head to head ini menjadikan Pilkada Lutim diprediksi akan berlangsung seru dan ketat.

ADVERTISEMENT

Duet Husler-Budiman diusung koalisi Partai Golkar (7 kursi), Gerindra (4 kursi), PAN (4 kursi), PDIP (3 kursi) Hanura (3 kursi), PKB, PBB dan PKS masing-masing 1 kursi. Sedangkan, duet Ibas-Rio mantap menantang Husler-Budiman setelah diusung Partai Nasdem (4 kursi) dan Demokrat (2 kursi).

ADVERTISEMENT