IDI Cabang Luwu Gandeng Dinkes Gelar Gerakan Pelayanan Spesialis di Puskesmas Larompong Selatan  

100
IDI Cabang Luwu bersama Dinkes gelar Gerakan Pelayanan Spesialis. (Foto: Dokumentasi IDI Luwu)
ADVERTISEMENT

LUWU – Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Cabang Luwu, bersama Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Luwu gelar Gerakan Pelayanan Spesialis, di Puskesmas Larompong Selatan, Kecamatan Larompong Selatan, Kabupaten Luwu, Sabtu (17/9/2022).

IDI Luwu dalam kegiatan ini menghadirkan empat dokter spesialis mereka yakni, Spesialis Mata, dr. Fahmiyati, Sp.M , Spesialis Jiwa, dr. Yuliana Aziz, Sp. KJ, Spesialis Anak, dr. Nurhudayah, Sp.A dan Spesialis Penyakit Dalam, dr. Sostro Mulyo, Sp.PD.

ADVERTISEMENT

Turut juga hadir Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Luwu, dr. Rosnawary Basir dan disambut Kepala Puskesmas Larompong Selatan.

Ketua IDI Luwu, dr. Alauddin Jusuf, Sp, An.,M.Kes mengatakan kegiatan ini adalah salah satu program kerja IDI Luwu. Hal tersebut merupakan wujud nyata pelayanan kepada masyarakat karena terkendala akses atau jarak tempuh  menuju rumah sakit.

“Kegiatan ini adalah program kerja IDI Cabang Luwu yang bertujuan mendekatkan pelayanan dokter spesialis ke tingkat kecamatan. Mungkin saja pasien terkendala dengan jarak atau waktu sehingga tidak sempat ke rumah sakit,” katanya.

dr Alauddin Jusuf, yang juga merupakan dokter spesialis anestesi menyebut, kegiatan ini dihadiri 300 orang pasien. Selain itu, pelayanan spesialis bagian dari upaya mendukung program pemerintah Kabupaten Luwu dibawah pimpinan Bupati Luwu, Dr. Drs. H. Basmin Mattayang., M.Pd dalam meningkatkan akses dan derajat kesehatan.

Menurutnya, keempat dokter spesialis dibawah naungan IDI Cabang Luwu, memang diutus melakukan pelayanan langsung sampai ke tingkat kecamatan.

Untuk itu pihaknya dari profesi kedokteran bekerjasama dengan instansi pemerintahan di bidang kesehatan melalui Dinas Kesehatan ikut serta memberikan pelayanan prima kepada masyarakat.

“Kami dari IDI Luwu menggandeng Dinas Kesehatan dalam  gerakan ini memberikan pelayanan pengobatan langsung ke masyarakat,” tutup dr Alauddin Jusuf.

Hal serupa juga dikatakan, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Luwu, dr. Rosnawary Basir menyebut, bahwa gerakan ini memberikan dampak langsung ke masyarakat.

Bahkan ia menuturkan rasa terima kasih kepada kepada IDI Luwu atas terlaksananya gerakan tersebut. “Rasa terima kasih dan apresiasi kepada IDI Luwu karena telah memberikan sumbangsih tenaga, fikiran dan waktunya memberi pelayanan langsung ke masyarakat,” ucap dr. Rosnawary Basir.

Dia berharap, kegiatan serupa terus berlanjut sampai ke Kecamatan lainnya.

Diketahui, Gerakan Pelayanan Spesialis ini juga didukung PPNI Luwu, RS Batara Guru Belopa dan Klinik Berkah. (Mat)

ADVERTISEMENT