IDP Didaulat Jadi Penanggap Talkshow Perhutanan Sosial Nasional di Jakarta

107
ADVERTISEMENT

Jakarta — Puncak Jelajah Perhutanan Sosial Nasional (PeSoNa) Indonesia akhirnya digelar, Rabu (27/11/2019), di Jakarta. Bertempat di Ruang Sonokeling Besar Gedung Manggala Wanabakti, Festival PeSona 2019 diawali dengan pelaksanaan Talkshow Perhutanan Sosial pada pukul 14.00 Wib. Bupati Luwu Utara, Indah Putri Indriani (IDP), didaulat tampil sebagai Penanggap Talkshow yang dipandu langsung eks Anggota DPR-RI, Dedi Gumelar alias Mi’ing.

Siapa Kandidat Pasangan Calon Bupati/Wakil Bupati Luwu Timur 2020-2025 Pilihan Anda ?
1. Irwan Bachry Syam-Andi Muhammad Rio Pattiwiri Hatta (Ibas-Andi Rio)
2. HM Thoriq Husler-Budiman Hakim (MTH Berbudi)
Dibuat Oleh Seruya Poll

Dalam talkshow yang berlangsung meriah tersebut, IDP menyampaikan ucapan terima kasih kepada Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) yang telah mengeluarkan 11 izin Perhutanan Sosial di Kabupaten Luwu Utara. “Luwu Utara adalah kabupaten kedua yang mendapat program Perhutanan Sosial dan izinnya telah diberikan. Ini menjadi pintu masuk untuk membantu masyarakat kita yang ada di kawasan hutan,” kata IDP.

ADVERTISEMENT

Dengan adanya izin tersebut, IDP berharap, ada nilai tambah yang didapatkan Luwu Utara, khususnya peningkatan kesejahteraan yang lebih baik bagi masyarakat yang tinggal di kawasan hutan. “Yang paling penting sebenarnya adalah political will dari pemerintah. Jangan anggap enteng masyarakat kita yang ada di kawasan hutan. Mereka harus hidup sejahtera. Nah, mereka sudah diberi legalitas, sekarang tinggal dukungan dari kita semua,” imbuhnya.

Ia menambahkan, untuk mewujudkan cita-cita Perhutanan Sosial ini, maka semua pihak, khususnya stakeholder terkait, dapat mengambil bagian dalam program Perhutanan Sosial. “Kita semua harus bisa berkolaborasi. NGO sudah mengambil bagian. BUMN juga sudah mengambil bagian. Sekarang tugas Pemda mendorong pemberdayaan penguatan kelembagaan, kemudian memberikan akses kepada lembaga permodalan,” jelasnya.

ADVERTISEMENT

“Ayo, kita kawal bersama, kita evaluasi setiap saat. Semoga 11 izin yang telah diberikan Kementerian LHK kepada kepada komunitas-komunitas terkait yang ada di Luwu Utara ini dapat dipastikan bahwa masyarakat kita betul-betul menikmati hasil dalam hal peningkatakan kesejahteraan,” pungkasnya. apa yanhg disampaikan Bupati perempuan pertama di Sulsel ini mendapat applaus dari seluruh peserta Talkshow PeSona.

Talkshow Perhutanan Sosial ini dilaksanakan sebagai arena diskusi para pihak terkait, sekaligus sebagai ajang testimoni keberhasilan dan saling belajar bagi para pelaku dan penggiat Perhutanan Sosial di daerah se-Indonesia. Selain Luwu Utara, Festival Perhutanan Sosial Nasional (PeSoNa) Indonesia tahun ini juga dihadiri beberapa peserta dari Kabupaten Bulukumba, yang juga mendapatkan program Perhutanan Sosial. (LH/Hms)

ADVERTISEMENT
Siapa Kandidat Pasangan Calon Bupati/Wakil Bupati Luwu Utara 2020-2025 Pilihan Anda ?
1. Arsyad Kasmar-Andi Sukma (AKAS)
2. Indah Putri Indriani-Suaib Mansur (IDAMAN)
3. Thahar Rum-Rahmat Laguni (MATAHARI)
Created with Seruya Poll

ADVERTISEMENT