IDP: Saatnya Membangun Solidaritas Sosial di Tengah Pandemi Covid-19

314
ADVERTISEMENT

KORANSERUYA–Adalah penting untuk menjadi bagian dari solusi mengatasi pandemi covid-19. Namun, lebih penting lagi untuk bisa menjadi bagian dalam membangun kepekaan sosial dan solidaritas sosial di tengah mewabahnya virus corona atau covid-19.

Siapa Kandidat Pasangan Calon Bupati/Wakil Bupati Luwu Timur 2020-2025 Pilihan Anda ?
1. Irwan Bachry Syam-Andi Muhammad Rio Pattiwiri Hatta (Ibas-Andi Rio)
2. HM Thoriq Husler-Budiman Hakim (MTH Berbudi)
Dibuat OlehMW Quiz

Untuk itu, di tengah situasi yang begitu pelik saat ini, semua harus tampil menyemangati yang lain agar masa pandemi covid-19 cepat berakhir. Bukan hanya pemerintah, tetapi seluruh elemen masyarakat harus bisa menjadi penyemangat agar imun tetap kuat.

ADVERTISEMENT

Bupati Luwu Utara, Indah Putri Indriani, berharap agar situasi ini bisa dijadikan momentum membangun solidaritas sosial. Ia tidak ingin orang-orang yang terpapar atau yang masih status ODP dan PDP, menjadi korban stigmatisasi covid-19 di tengah masyarakat.

“Sampaikan informasi yang benar terkait covid-19, dan cara penanganannya,” ujar Indah via pesan aplikasi whatsApp baru-baru ini di Masamba. Ia menambahkan, jika ada yang terpapar semua harus bisa menjadi pemberi semangat untuk sembuh. Bukan sebaliknya.

ADVERTISEMENT

“Kalau ada yang terpapar, mereka adalah korban yang harusnya disemangati supaya imunnya membaik dan bisa melawan sendiri virus tersebut. Jangan dijadikan stigma. Nah, inilah saatnya kita membangun solidaritas sosial antarsesama,” tegas dia.

Sekadar diketahui, terkadang stigma yang melekat pada seseorang, seringkali membuat penerima stigma menerima perlakuan diskriminatif dari kaum mayoritas, sehingga mereka merasa tertolak oleh lingkungannya sendiri. Hal ini harus dihindari. (LH)

ADVERTISEMENT