Ikut Atasi Pengangguran, Wawali Palopo Puji Rekrutmen Tenaga Kerja Kerjasama STIKES Mega Buana dengan Pihak Jepang

223
Wakil Walikota Palopo, Rahmat Masri Bandaso menyampaikan sambutannya di acara wisuda mahasiswa STIKES Mega Buana Palopo, Minggu (3/11/2019)

PALOPO–Wakil Walikota Palopo, Rahmat Masri Bandaso yang akrab disapa RMB, mengapresiasi program kerjasama STIKES Mega Buana dengan berbagai lembaga kerja di luar negeri. Program kerjasama dalam bentuk rekrutmen tenaga kerja tersebut ikut membantu pemerintah, terutama Pemkot Palopo dalam mengatasi pengangguran yang terus meningkat setiap tahunnya.

“Kita apresiasi program rekrutmen tenaga kerja yang dilakukan STIKES Mega Buana dengan bekerja sama berbagai lembaga di luar negeri, sehingga lulusan STIKES (Mega Buana) bisa bekerja di luar negeri,” kata RMB dalam sambutannya, saat menghadiri wisuda mahasiswa STIKES Mega Buana Palopo, Minggu (3/11/2019) di Gedung SCC Palopo.

Menurut RMB, program rekrutmen lulusan STIKES Mega Buana bekerja di luar negeri ini sangat baik dan harus didukung semua pihak, termasuk Pemkot Palopo. “Program ini sejalan dengan program pemerintah untuk pembangunan SDM di Kota Palopo,” ujarnya.

RMB yang mewakili Walikota Palopo HM Judas Amir dalam sambutannya juga mengungkapkan, terdapat sekitar 3.000 lebih lulusan perguruan tinggi (Dikti) yang diwisuda setiap tahunnya di Kota Palopo. Sehingga katanya, beban pengangguran di Kota Palopo sangat berat. “Setiap tahunnya ada 3.000 lebih sarjana baru dan sekitar 2.000 diantaranya menetap di Kota Palopo. Namun dengan program kerjasama STIKES Mega Buana Palopo bekerjsama dengan sejumlah pihak di luar negeri, maka ikut membantu Pemkot mengurangi pengangguran,” ucap RMB.


Ketua STIKES Mega Buana Palopo, Dr Nilawati Uly, S Si, Apt, M.Kes mendampingi Wakil Walikota Palopo, Rahmat Masri Bandaso, menyerahkan beasiswa bagi mahasiswa STIKES Mega Buana Palopo.

Ia juga menyebutkan, STIKES Mega Buana Kota Palopo selama ini telah mendukung upaya pemerintah dalam menekan angka pengangguran. “Dibukanya Prodi kewirausahaan di STIKES Mega Buana membantu usaha pemerintah dalam menekan angka pengangguran, pengangguran turun dan meningkatkan daya beli masyarakat,” kata RMB, sapaan karib Wawali Palopo.

Untuk diketahui, sebanyak 365 wisudawan/wisudawati sarjana dan profesi STIKES Mega Buana Palopo dikukuhkan dalam acara wisuda yang dilaksanakan di gedung Sadonrae Convetion Centre, Minggu (3/11/2019). Dari 365 wisudawan tersebut terdiri dari 16 wisudawan profesi Ners, 34 Sarjana Keperawatan, 38 Sarjana Kesehatan Masyarakat dan 277 Sarjana Terapan Kebidanan.

Hadir dalam acara wisuda ini Ketua STIKES Mega Buana Palopo, Dr Nilawati Uly, S Si, Apt, M.Kes, Wakil Walikota Palopo Dr Ir H Rahmat Masri Bandaso, M.Si, Ketua LLDikti Wilayah IX Sulawesi , Prof Dr Jasruddin, Msi., Ketua Ikatan Bidan Indonesia(IBI) Palopo, Hj Munawara, para rohaniawan, orang tua wisudawan dan tamu undangan lainnya.

Ketua STIKES Mega Buana Palopo, Dr hj Nilawati Uly SSi Apt MKes menyampaikan rasa terima kasih kepada semua pihak yang telah hadir dalam acara tersebut. Ia juga tidak lupa mengucapkan selamat kepada seluruh mahasiswanya yang telah berhasil menyelesaikan studinya.

Dalam sela-sela rapat senat juga disempatkan memberikan beasiswa kepada sejumlah mahasiswa aktif STIKES Mega Buana Palopo. “Kita tidak hanya fokus pada bidang akademik, tapi juga memperhatikan hal-hal yang menunjang seperti program beasiswa kepada mahasiswa, terdapat 70 persen mahasiswa yang menerima beasiswa dalam satu kelas,” terang Nilawati Uly.

Pada wisuda STIKES Mega Buana periode ini, Muh Faizal Mardi Saleh berhasil menjadi lulusan terbaik dengan indek prestasi kumulatif (IPK) 4.00 Muh Faizal merupakan mahasiswa prodi Profesi Ners, ia merupakan putra dari pasang Mardi Saleh Syam dan Sitti Syamsiah. (jun)