Ikuti Sosialisasi PTSL, Walikota Palopo : Dudukkan Pada Tempatnya, Ikuti Ketentuan yang Berlaku

163
Walikota Palopo, Judas Amir. (Dok. Pemkot Palopo)
ADVERTISEMENT

PALOPO — Walikota Palopo HM Judas Amir mengikuti sosialisasi program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) Tahun 2022. Kegiatan itu mengangkat tema “Peran Pemerintah Daerah Dalam Menyukseskan Program Strategis PTSL menuju terwujudnya kesejahteraan rakyat”.

Walikota Palopo mengikuti sosialisasi tersebut secara virtual di Rujab Saokotae, Kamis (27/1/2022).

ADVERTISEMENT

Menteri ATR/Kepala BPN, Sofyan A Djalil menyampaikan mengharapkan dukungan dari Pemerintah Daerah yakni memfasilitasi pemasangan tanda batas bidang tanah termasuk sempadan.

Kemudian menyiapkan data-data yang diperlukan untuk kelengkapan persyaratan pendaftaran tanah kemudian melakukan pembebasan/keringanan BPHTB untuk kegiatan PTSL.

Selanjutnya menyiapkan anggaran pra PTSL dan membantu menyediakan sarana dan prasarana operasional kegiatan PTSL.

Pemerintah Pusat sangat serius mendaftarkan aset-aset pemerintah daerah yang mungkin selama ini tidak terdaftar dengan baik sehingga banyak aset daerah yang hilang karena administrasi juga yang tidak baik.

Menanggapi hal itu, Walikota Palopo, pihaknya ikut berpartisipasi bersama Pemerintah Pusat dalam menyelesaikan permasalahan tanah yang ada di Kota Idaman.

“Oleh karena itu sebagai Walikota, kami bertekad bagaimana banyak hal yang ada di Palopo terkait dengan pertanahan harus kita dudukkan pada tempatnya mengikuti ketentuan peraturan perundang-undangan yang mengatur dari setiap meter tanah,” tegas Judas Amir.

“Dari setiap meter pertanahan kita harus letakkan pada ketentuan yang mengatur tentang keberadaan tanah tersebut dan di kota Palopo sudah ada yang berjalan,” pungkasnya. (***)

ADVERTISEMENT